Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Politik Uang dan Serangan Fajar di Pemilu 2019, Pemerintah Lakukan Ini

Sistem Keamanan Lingkungan atau Siskamling, Satuan Polisi Pamong Praja , dan aparat RT/RW di semua daerah diharap menjadi pencegah utama terjadinya politik uang dan pemberian amplop jelang pemungutan suara 17 April 2019.
Ilustrasi/greekreporter.com
Ilustrasi/greekreporter.com

Bisnis.com, JAKARTA - Sistem Keamanan Lingkungan atau Siskamling, Satuan Polisi Pamong Praja , dan aparat RT/RW di semua daerah diharap menjadi pencegah utama terjadinya politik uang dan pemberian amplop jelang pemungutan suara 17 April 2019.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan perlawanan terhadap serangan politik uang jelang pemungutan suara akan mengandalkan elemen-elemen di atas. Menurutnya, politik uang harus dilawan di pemilu 2019.

"Jangan sampai ada serangan fajar. Orang-orang di luar wilayah itu masuk, ketok-ketok pintu [untuk memberi uang] kan bisa," kata Tjahjo di kantornya, Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Tjahjo tak bisa memprediksi apakah nanti akan ada praktik politik uang di pemilu 2019. Akan tetapi, pencegahan harus dilakukan tak hanya oleh aparat melainkan juga oleh masyarakat.

Tjahjo mengatakan masyarakat harusnya punya kepedulian untuk menolak jika ada politik uang. Pemberian sanksi sosial juga diharap dilakukan jika praktik politik uang terjadi.

"Kami infokan ke kesbangpol daerah untuk ikut terlibat mengawasi sampai tengah malam jangan sampai ada politik uang," ujar Tjahjo.

Pemungutan suara pemilu 2019 akan berlangsung 17 April mendatang. Sebelumnya, masa tenang akan berlangsung pada 14-16 April.

Pemungutan suara dimulai sejak pukul 07.00 hingga 13.00 waktu TPS masing-masing. Setelah itu penghitungan suara dilakukan hingga maksimal 18 April 2019 pukul 12.00.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lalu Rahadian
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper