Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Peruntungan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi Menurut Fengshui, Siapa Lebih Beruntung?

Hubungan atau chemistry yang unik dinilai terdapat pada dua pasangan calon presiden dan wakil presiden RI peserta pilpres 2019.
Banner Debat Capres putaran pertama di Hotel Bidakara, Jakarta./Antara
Banner Debat Capres putaran pertama di Hotel Bidakara, Jakarta./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Hubungan atau chemistry yang unik dinilai terdapat pada dua pasangan calon presiden dan wakil presiden RI peserta pilpres 2019.

Master Fengshui Indonesia Yohan Suyangga menilai kedua pasangan memiliki peruntungan yang tidak bagus berdasar fengshui.

"Dua-duanya (paslon) punya shio yang ciong, ciong besar. Jadi, dua-duanya punya selisih paham yang mungkin nanti harus saling mengerti satu sama lain," ujar Yohan kepada Antara, di Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Pasangan nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin maupun pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, menurut Yohan, punya shio yang "ciong" atau peruntungan yang tidak bagus menurut perhitungan fengshui.

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo lahir pada 21 Juni 1961 dan menempatkannya di bawah naungan shio sapi. Pasangannya, calon wakil presiden Ma'ruf Amin lahir pada 11 Maret 1943 berada di bawah naungan shio kambing.

Sementara, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto lahir pada 17 Oktober 1951 memiliki shio kelinci. Sedangkan pasangnya, calon wakil presiden Sandiaga Salahuddin Uno lahir pada 28 Juni 1969 berada di bawah naungan shio ayam.

"Pak Jokowi shio sapi dan Pak Ma'ruf shio kambing, dua duanya ciong, Sementara Pak Prabowo shio kelinci dengan Pak Sandiaga Uno yang shio ayam juga dua duanya ciong. Jadi, kita punya paslon yang benar-benar unik secara shio," kata Master Yohan.

"Ciong" yang dimaksud Master Yohan adalah masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden memiliki pandangan atau pendapat yang saling bertolakbelakang.

"Pasangan calon nomor urut 01 dan wakilnya akan berselisih paham, atau berselisih pendapat. Demikian juga paslon nomor urut 02. Kedua pasangan juga tidak akan pernah sepaham dengan wakilnya," ujar Yohan.

Namun, perbedaan pandangan antara paslon dengan wakilnya, menurut Master Yohan, bisa disiasati dengan saling pengertian.

"Atau lebih baik satunya diam karena keduanya kalau bicara pasti nanti akan kelihatan berbeda. Masyarakat akan dibuat bingung," kata Yohan.

"Ke depannya, lima tahun ke depan. Itulah keputusan-keputusan yang membuat masyarakat akan bingung. Jadi, lebih baik diarahkan satu suara sebelum menerbitkan keputusan presiden. Lebih baik dibicarakan dulu," ujarnya.

Peruntungan Paslon di Tahun Babi Tanah

Di sisi lain, Yohan menilai kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden Indonesia memiliki peruntungan sama besar dalam Pilpres 2019 yang berlangsung pada tahun babi tanah.

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo lahir pada 21 Juni 1961 dan menempatkannya di bawah naungan shio sapi dengan unsur tanah.

"Logam menekan tanah. Jadi, Pak Jokowi saat ini akan powerfull sekali dan sangat kuat untuk menjadi kandidat. Tentu saja prospeknya cukup besar. Untuk prospek, 70 persen itu yang paling besar," ujar Master Yohan.

Keberuntungan yang sama, menurut Master Yohan, juga dimiliki calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin yang lahir pada 11 Maret 1943. Ma'ruf Amin berada di bawah naungan shio kambing dengan unsur air.

"Karena tahun ini adalah tahun babi tanah, kambing air punya peranan untuk membuat adem. Jadi, pemilu nanti terasa adem karena ada peran serta Pak Ma'ruf Amin," kata Master Yohan.

"Prospek Pak Ma'ruf Amin antara 60 sampai 70 persen," kata Yohan.

Sebagaimana pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, paslon capres dan cawapres nomor urut 02, menurut Master Yohan, juga memiliki keberuntungan yang besar.

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto yang lahir pada 17 Oktober 1951 memiliki shio kelinci dengan unsur logam. Secara umum, master Yohan melihat shio babi, kelinci, dan kambing memiliki "hoki" (keberuntungan) besar pada 2019.

"Jadi, Pak Prabowo berada pada tahun kejayaannya. Keberuntungannya sangat besar sekali dibanding tahun-tahun sebelumnya," ujar Master Yohan.

Terkait peluang keberuntungan Prabowo pada pemilihan presiden, Master Yohan melihat prospek yang sama dengan Jokowi, yaitu sebesar 70 persen.

"Mungkin nanti selisih angka persentasenya sedikit berbeda. Jadi enggak selisih jauh," kata Yohan.

Sementara, calon wakil presiden nomor 02 Sandiaga Salahuddin Uno yang lahir pada 28 Juni 1969 berada di bawah naungan shio ayam dengan unsur tanah. Master Yohan melihat keunikan pada shio ayam itu.

"Keunikannya, ayam tanah dengan tahun babi adalah teman baik. Bukan keberuntungan besar. Hanya memulai untuk beruntung, tapi tidak menjadi luar biasa," ujar Master Yohan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper