Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah 12 Nama Caleg yang Populer di Kalangan Milenial

Indonesia Politica Studies merilis daftar 12 nama teratas calon legislatif (caleg) DPR RI yang populer di kalangan milenial.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com,JAKARTA - Indonesia Politica Studies merilis daftar 12 nama teratas calon legislatif (caleg) DPR RI yang populer di kalangan milenial. Daftar nama tersebut merupakan hasil survei yang dilakukan oleh Indonesia Politica Studies bekerja sama dengan Millenial Voters Studies.


Periode survei dilakukan pada 5 Maret 2019 hingga 15 Maret 2019. Adapun, metode yang digunakan ialah multistage random sampling dengan 1.200 responden.

Margin of error dalam survei sebesar plus-minus 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Kita Juga melihat bagaimana para caleg DPR RI yang aktif menggunakan sosial media untuk mengenalkan dirinya atau berkampanye," ujar Andyto Pratama, Direktur Eksekutif Politica Studies melalui keterangan resmi, Senin (8/4/2019).

Dari hasil survei yang dilakukan, terdapat 12 nama Caleg DPR RI 2019-2014 yang populer di kalangan milenial. Sejumlah nama Caleg tersebut antara lain adalah Daniel Johan (PKB) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Barat (Kalbar) I.

Ada pula nama Anggawira (Gerindra) Dapil Jawa Barat (Jabar) VIII, Putih Sari (Gerindra) Dapil Jabar VII, Budisatrio Djiwandono (Gerindra) Dapil Kalimantan Timur, Ganis Rumpoko (PDIP) Dapil Jawa Timur (Jatim) III.

Kemudian, Christina Aryani (Golkar) Dapil DKI Jakarta II, Lathifa Al Anshori (Nasdem) Dapil Jatim IV, Prananda Paloh (Nasdem) Dapil Sumatra Utara (Sumut) I, Milasari Anggraini (Berkarya) Dapil Jawa Tengah (Jateng) VI, Tsamara Amany (PSI) Dapil DKI Jakarta II, Rian Ernest (PSI) Dapil DKI Jakarta I, dan Faldo Maldini (PAN) Dapil Jabar V.

“Dalam Survei ini terlihat dari nama-nama pilihan Milenial, caleg DPR RI termasuk caleg muda yang umurnya di bawah 40 Tahun,” jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan berdasarkan percakapan di media sosial para milenial memilih para caleg muda, karena berharap mereka bisa menyuarakan aspirasi milenial dan juga memberikan program-program yang berpihak pada milenial terutama dalam masalah lapangan pekerjaan.

Berdasarkan data KPU, Bawaslu, dan DKPP terdapat 31,3% dari DPT yang berjumlah 192.828.520 orang yang merupakan pemilih milenial atau pemilih dengan klasifikasi umur 20—31 tahun. 

“Para caleg muda dan caleg milenial ini juga memperkenalkan diri mereka melalui sosial media atau komunikasi digital karena mereka melihat generasi milenial saat ini mencari informasi ingin mudah dan praktis dengan hanya penggunaan Sosial Media," ujarnya.

Menurutnya, era media sosial ini harus dimanfaatkan juga agar masyarakat bisa mengenali rekam jejak para calon wakil rakyat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper