Di Tengah Krisis Boeing, China Beli 300 Pesawat Airbus Senilai US$34 Miliar

Produsen pesawat komersial asal Eropa, Airbus mengamankan transaksi pembelian pesawat senilai US$34 miliar dari China.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 26 Maret 2019  |  23:33 WIB
Di Tengah Krisis Boeing, China Beli 300 Pesawat Airbus Senilai US$34 Miliar
Airbus A320 NEO - Istimewa

Bisnis.com,  JAKARTA - Produsen pesawat komersial asal Eropa, Airbus mengamankan transaksi pembelian pesawat senilai US$34 miliar dari China.

Berdasarkan pernyataan yang dikeluarkan Airbus usai kesepakatan itu, pemesanan meliputi 290 unit pesawat berbadan sempit A320 dan 10 seri A350 XWB berbodi lebar.

Kesepakatan transaksi ini ditandatangani Presiden Xi Jinping dalam lawatannya ke Prancis dan disebut jauh lebih besar dari jumlah yang pernah digembar-gemborkan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Nilai transaksi kedua pihak yang sangat besar ini sekaligus menjadi pukulan bagi Boeing di tengah rangkaian pemboikotan yang dilakukan berbagai negara dunia usai dua kecelakaan yang melibatkan Boeing jenis 737 MAX 8.

"Kami merasa terhormat untuk mendukung pertumbuhan penerbangan sipil China dengan pesawat buatan kami," kata Presiden Airbus Commercial Aircraft Guillaume Faury dalam sebuah pernyataan yang dikutip BBC.

"Ekspansi kami di China menunjukkan kepercayaan diri di pasar China dan komitmen kami terhadap China dan mitra kami," sambungnya.

Kesepakatan dengan Airbus diamankan Presiden Xi kala ia memulai pekan terakhir dalam turnya di Eropa.

Xi Jinping tengah membawa misi perluasan Belt and Road Initiative ke Benua Biru meskipun inisiasi itu mendapat respons negatif dari sejumlah negara Eropa dan Amerika Serikat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
airbus, ekonomi china

Sumber : BBC

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top