Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KENAL DAPIL : Menguji Kelihaian Nasdem di Dapil Sulbar

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) pimpinan Surya Paloh terbilang lihat menggaet mantan kepala daerah untuk bergabung dengan partai politik itu.

Kabar24.com, JAKARTA — Kelihaian Partai Nasdem menjaring bekas kepala daerah untuk kemudian dijadikan calon anggota legislatif (caleg) terlihat di Sulawesi Barat.

Adalah mantan Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh yang masuk Nasdem pada Maret 2018 setelah keluar dari Partai Golkar. Tak butuh waktu lama, Anwar mantap menjadi caleg dari Daerah Pemilihan Sulbar.

Sebagai orang nomor satu di Sulbar sepanjang 2006—2016, basis elektoral Anwar memang sudah menancap kuat. Istrinya, Enny Anggraeny, terpilih sebagai anggota DPR dari Golkar pada Pileg 2014 dengan mengumpulkan 58.518 suara, terbanyak di antara tiga caleg terpilih lainnya.

Enny kembali mengikuti Pemilihan Gubernur Sulbar 2017 dan sukses memenanginya. Kini, Enny adalah Wakil Gubernur Sulbar.

Anwar pun mencoba tukaran peran dengan sang istri melalui kontestasi Pileg 2019. Keberadaan tokoh populer jelas menguntungkan Nasdem yang 5 tahun lalu tidak mendapat kursi di Dapil Sulbar.

Bekas Anggota DPR Salim Mengga juga menambah kekuatan Nasdem. Lima tahun silam, purnawirawan TNI ini terpilih dari Partai Demokrat, tetapi melepas kursinya di Senayan untuk mengikuti Pilgub Sulbar 2017 yang gagal dimenangkan.

Golkar dan Demokrat dipastikan ketat-ketir karena suaranya berpotensi digerogoti oleh bekas kader. Sementara Partai Gerindra masih mengandalkan petahana Andi Ruskati Ali Baal yang meraih suara terbanyak kedua pada Pileg 2019.

Berita baiknya, Dapil Sulbar mendapatkan satu kursi tambahan pada Pileg 2019 sehingga kuotanya menjadi empat kursi. Semakin besarlah peluang caleg untuk menjadi pilihan dari 865.244 pemilih daerah itu.

PETAHANA DAPIL SULBAR

Partai Politik

Petahana

Partai Golkar

Ibnu Munzir

Partai Gerindra

Andi Ruskati Ali Baal

Partai Demokrat

Muhammad Afzal Mahfuz

 PEMILIH DAPIL SULBAR

Kabupaten/Kota

DPT

Mamuju Utara/Pasangkayu

93.787

Mamuju

167.237

Mamasa

114.307

Majene

110.884

Polewali Mandar

303.864

Mamuju Tengah

75.165

Total

865.244

Sumber: KPU, DPR

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper