Jelang Debat Cawapres Malam Ini, Ma'ruf & Sandi Saling Puji

Dua kontestan Debat Cawapres yaitu nomor urut 01 Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Sandiaga Uno justru tampak saling mengagumi satu sama lain.
Aziz Rahardyan | 17 Maret 2019 17:50 WIB
Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (tengah) dan Ma'ruf Amin (kiri) bersalaman dengan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) dan Sandiaga Uno (kanan) disela-sela debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Dua kontestan Debat Cawapres yaitu nomor urut 01 Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Sandiaga Uno justru tampak saling mengagumi satu sama lain.

Ma'ruf Amin ketika ditemui di kediamannya, Minggu (17/3/2019) memuji Sandi yang walaupun masih terbilang muda, tetapi sanggup menjadi sesama cawapres.

Mantan Ketua Umum MUI dan Rais Aam PBNU ini pun merendah sembari bergurau, bahwa kelebihannya untuk menghadapi Sandi, hanyalah pengalaman hidup yang lebih lama.

"Bagus, dia anak muda yang kreatif. Kalau anak muda bisa jadi calon wakil presiden tentu dia pintar," ujar Ma'ruf.

"Ya [persiapannya] pengalaman. Pengalaman saja, kan saya lebih lama hidup. Hehe. Saya lebih lama hidup, jadi pengalaman saya lebih banyak. Nah, kuncinya pengalaman," tambahnya.

Sedangkan Sandi, selepas menghadiri acara di bilangan Jakarta Selatan, Sabtu (16/3/2019) mengaku bahwa dirinya menghormati Ma'ruf sebagai senior dan ulama besar Indonesia.

Sehingga, Sandi pun mengaku tidak akan menghadirkan nada menyerang Ma'ruf dalam debat dengan tema pendidikan, ketenagakerjaan, kesehatan, serta sosial dan budaya ini.

"Enggak [agresif] lah. Kiai kok didebat. Ini tuh forum diskusi. Kita nggak bisa melepas status beliau sebagai ulama besar. Kita hormati beliau. Kita mengharapkan yang terbaik dari beliau dan memberikan diferensiasi pendekatan Pak Jokowi seperti apa, dan pendekatan Prabowo-Sandi seperti apa," ungkap Sandi.

Sementara itu, menurut pantauan Bisnis di lokasi, keduanya belum terlihat menghadiri Debat yang akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta Pusat pukul 20.00 WIB ini.

Debat akan dipandu oleh moderator Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas, serta disiarkan secara langsung oleh Trans 7, Trans TV, dan CNN Indonesia TV.

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top