Trump dan Kim Jong-un Mulai Perundingan Denuklirisasi di Hanoi

Pada sebuah sesi jumpa pers sebelum perundingan, Kim Jong-un menjawab pertanyaan dari media Barat untuk pertama kalinya.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 28 Februari 2019  |  10:55 WIB
Trump dan Kim Jong-un Mulai Perundingan Denuklirisasi di Hanoi
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kanan) dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjalan bersama di taman Hotel Metropole, Hanoi, Vietnam, Kamis (28/2/2019). - REUTERS/Leah Millis

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un melanjutkan rangkaian perundingan denuklirisasi pada hari kedua, Kamis (28/2/2019). Keduanya telah tiba di Hotel Metropole, Hanoi, Vietnam yang sebelumnya menjadi lokasi pertemuan pembuka.

Guardian melaporkan Trump dan Kim beserta rombongan masing-masing tiba di Metropole secara terpisah sekitar pukul 08:45 pagi waktu setempat. Pertemuan diawali dengan rapat empat mata antara Trump dan Kim pukul 09:00 yang dilanjutkan dengan pertemuan bilateral kedua negara pukul 09:45. Pertemuan bilateral ini diikuti oleh sejumlah pejabat AS dan Korea Utara.

Kedua delegasi perundingan bakal makan siang bersama di Metropole pada 11:55. Sesi kedua perundingan kemudian dilanjutkan dengan upacara penandatanganan perjanjian bersama yang diagendakan berlangsung pukul 14:05.

Trump disebut akan meninggalkan Metropole sekitar pukul 2:40 untuk kembali ke penginapannya di Hotel Marriot. Ia diagendakan menggelar konferensi pers pada pukul 15:50 waktu setempat.

Trump dan Kim sempat duduk bersama sebelum pertemuan untuk menjawab pertanyaan para wartawan. Dalam kesempatan itu, Trump menyatakan optimismenya mengenai dialog yang akan berlangsung kendati banyak pihak yang menyangsikan pertemuan kali ini akan menghasilkan kesepakatan yang signifikan.

"Saya akan berusaha keras menjadikan hari ini luar biasa," kata Trump.

Ia pun mengungkapkan bahwa ia tak tergesa-gesa dan tak akan mendesak mitra rundingnya untuk segera mencapai denuklirisasi.

"Saya tak terburu-buru, kecepatan itu tak penting. Kita akan mencapai kesuksesan dalam waktu tertentu. Yang terpenting adalah melakukannya secara benar," sambung Trump.

Pada kesempatan itu pun Kim turut berbicara, ia menjawab pertanyaan dari reporter Washington Post David Nakamura yang menanyakan keyakinan Kim untuk mencapai kesepakatan. Sejumlah pihak menyebut ini adalah pertama kalinya Kim Jong-un menjawab pertanyaan dari media Barat.

"Terlalu dini untuk menjawab hal itu. Saya tak bilang kalau saya pesimistis. Namun saya punya keyakinan hasil yang baik akan tercapai," jawab Kim.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kim jong un, Donald Trump

Sumber : The Guardian

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top