Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kodam Siliwangi Kehabisan Dana untuk Benahi Sungai Citarum

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat Bambang Riyanto membenarkan dana operasional Komando Daerah Militer III/Siliwangi untuk menangani pembenahan Sungai Citarum sudah habis.
Suasana pemandangan sungai Citarum di kawasan Rajamandala, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (15/1)./ANTARA-Raisan Al Farisi
Suasana pemandangan sungai Citarum di kawasan Rajamandala, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (15/1)./ANTARA-Raisan Al Farisi

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat Bambang Riyanto membenarkan dana operasional Komando Daerah Militer III/Siliwangi untuk menangani pembenahan Sungai Citarum sudah habis.

“Ya betul. Makanya mereka sekarang agak kesulitan. Makanya kita push terus, kita tanyakan ke Kementeiran PUPR untuk mempercepat,” kata Riyanto di Bandung, Kamis (14/2/2019).

Menurut Bambang, sisa dana operasional tahun lalu untuk mengerahkan prajurit TNI dalam program pembenahan Sungai Citarum sudah habis sejak pertengahan Januari 2019. Sedangkan dana yang sedianya dibutuhkan untuk pembiayaan operasional tahun ini tak kunjung turun.

Pemerintah menjanjikan dana Rp605 miliar tahun ini untuk program pembenahan Citarum bersumber dari dana APBN.

“Untuk operasional TNI (setahun) itu Rp300 miliar, totalnya Rp605 miliar. Lainnya (diantaranya) ada yang untuk perbaikan oxbow (sungai mati), pembelian ekskavator, perbaikan MCK, pengolahan limbah cair, alat pemusnah sampah,” kata Bambang.

Bambang berujar pencairan dana yang mendesak terutama untuk operasional prajurit TNI dari Kodam III/Siliwangi.

 “Kalau masalah infrastruktur masih ada waktu, tapi untuk Kodam ini untuk operasional. Harusnya sudah ada,” kata dia.

Bambang menuturkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah beberapa kali berkirim surat pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Dana operasional prajurit Siliwangi rencananya dititipkan di anggaran Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum.

“Ada anggarannya, ini mah masalah teknis saja,” kata dia.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dijadwalkan menyambangi Kantor Menteri Koordinator Bidang Maritim untuk membahas Sungai Citarum.

“Kita mau membahas Citarum. Karena kita mau ada Citarum Expo, keynote speaker-nya Pak Luhut Panjaitan dan Ibu Menteri LHK. Saya perlu menyampaikan undangan langsung,” kata dia, Kamis siang.

Ridwan Kamil tidak menampik kedatangannya menemui Menteri Luhut sekaligus menanyakan dana APBN untuk Citarum yang tak kunjung cair.

“Ya sambil nagih juga. Saya belum tahu, karena bukan urusan Pak Luhut sebetulnya, lebih ke Kementerian Keuangan,” kata Ridwan Kamil.

Kepala Penerangan Kodam III/Siliwangi Kolonel Arh. Hasto Respatyo mengatakan dana operasional yang ditunggu pencairannya itu untuk menjalankan Program Citarum tahun 2019. Di dalamnya terdapat porsi dana operasional prajurit TNI.

“Itu belum turun anggarannya. Kita perlu dana operasional itu,” kata dia.

Hasto mengatakan TNI masih bertugas di sepanjang Sungai Citarum kendati belum mengantongi dana operasional dari pemerintah. Prajurit yang dikerahkan saat ini hanya melanjutkan program tahun lalu, yakni pengerahan prajurit di 13 sektor plus tambahan Sektor 19.

Jika anggaran tersebut cair di awal tahun, Kodam III/Siliwangi akan mengerahkan penuh prajuritnya di sepanjang Sungai Citarum yang dibagi dalam 23 Sektor.

 “Sementara kita belum pegang anggaran, jadi anggaran yang digunakan masih talangan, itu minjem. Harus, di lapangan gak boleh ditinggal,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper