Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pak Jusuf Kalla, Enak Jadi Pengusaha atau Politikus?

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) merupakan sosok serba bisa. Ia pebisnis ulet, juga politisi tangguh.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 31 Januari 2019  |  14:04 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) menjadi pembicara dalam Seminar dan Dialog Nasional Penyiapan Sumber Daya Manusia Indonesia Menghadapi Revolusi Industri ke-4 di Jakarta, Senin (14/1/2019). - ANTARA/Aprillio Akbar
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) menjadi pembicara dalam Seminar dan Dialog Nasional Penyiapan Sumber Daya Manusia Indonesia Menghadapi Revolusi Industri ke-4 di Jakarta, Senin (14/1/2019). - ANTARA/Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) merupakan sosok serba bisa. Ia pebisnis ulet, juga politisi tangguh.

Sebagai pebisnis, Jusuf Kalla dikenal spengendali grup Haji Kalla yang bisnisnya merambah berbagai lini di Indonesia Timur. Posisi yang JK tinggalkan karena terjun ke politik.

Di dunia politik, Jusuf Kalla mencatat sejarah, karena menjadi wakil presiden untuk dua presiden berbeda, yakni pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Joko Widodo (Jokowi).

Lalu, dari dua peran ini, mana yang lebih enak, jadi wakil presiden (politisi) atau pengusaha?
 
"Kalau dari segi enak, tergantung apanya? Kalau dari segi kebebasan, enakan pengusaha. Kalau politisi banyak aturannya, banyak etikanya. Kalau kita ke kota-kota di Indonesia minta selfie terus dan juga selalu dikhawatirkan. Kiri kanan tergantung protokol," kata Jusuf Kalla dalam Kadin Talk di Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Meski banyak aturan, JK menyebut politikus memiliki banyak 'kemewahan' dibanding pengusaha. Sebagai menteri hingga akhirnya wakil presiden, Jusuf Kalla tidak pernah merasakan macet Jakarta.

"Kalau orang tanya Jakarta macet, di mana ya macetnya?" ujar Jusuf Kalla berkelakar.

Jusuf Kalla menambahkan, bahwa yang paling utama dalam menjalankan peran adalah fokus. Dengan mengerahkan energi ke bidang yang menjadi tanggung jawab, maka akan didapatkan hasil terbaik. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jusuf kalla kalla group wakil presiden
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top