Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Banjir Sulsel, BNPB : 68 Meninggal & 6.757 Orang Mengungsi

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menerima laporan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bebencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo tentang kondisi terakhir dampak bencana banjir yang melanda Sulawesi Selatan,
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 27 Januari 2019  |  16:49 WIB
Tim relawan mengevakuasi warga yang terjebak banjir di Perumahan Bung Permai, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (23/1/2019). Ketinggian banjir di kawasan tersebut mencapai satu meter akibat meluapnya Sungai Tello. - Antara
Tim relawan mengevakuasi warga yang terjebak banjir di Perumahan Bung Permai, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (23/1/2019). Ketinggian banjir di kawasan tersebut mencapai satu meter akibat meluapnya Sungai Tello. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menerima laporan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bebencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo tentang kondisi terakhir dampak bencana banjir yang melanda Sulawesi Selatan,

Laporan tersebut dipaparkan Doni kepada Wapres JK di pesawat kepresidenan yang bertolak dari Bandara Halim Perdana Kusuma menuju Sulawesi Selatan.

Doni memaparkan banjir bandang berawal dari curah hujan ekstrem melanda wilayah Sulawesi Selatan yang menyebabkan peningkatan debit sungai dan Waduk Bili-Bili.

"Fenomena tersebut menimbulkan banjir dan longsor terjadi di daerah-daerah perbukitan," ujarnya seperti dikutip dalam siaran pers, Minggu (27/1/2019).

Berdasarkan catatan BNPB, dalam 2 hari terakhir hujan berkurang dan debit air di daerah bencana menurun. Doni mengungkapkan tinggi muka air Waduk Bili-Bili 99,43 meter.

Adapun, volume waduk sekitar 258.28 juta meter kubik dan in flow sekitar 144.99 meter kubik per detik serta out flow sekitar 145.00 meter kubik per detik.

BPBD Provinsi Daerah Sulawesi Selatan, TNI, Polri, Basarnas, TAGANA, SKPD dan Relawan telah melakukan evakuasi dan memberikan bantuan logistik kepada korban yang selamat.

"Pemerintah melalui BNPB memberikan bantuan dana siap pakai sebesar Rp1,15 miliar untuk operasi darurat penangan banjir dan longsor," imbuhnya.

Data sementara, tercatat 68 orang meninggal akibat bencana banjir dan longsor Sulsel. Selain itu, jumlah pengungsi saat ini mencapai 6.757 orang. Bencana tersebut juga mengakibatkan rusaknya 25 jembatan, 4.787 rumah rusak, dan merendam 11.508 hektar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir sulsel
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top