Doni Monardo Dilantik Jadi Kepala BNPB, Masyarakat baru Ngeh Pak Sutopo bukan Bos BNPB

Sering muncul di media masa bahkan sering tayang langsung di televisi  ketika ada berita bencana alam, membuat masyarakat mengira Sutopo Purwo Nugroho adalah Kepala  BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).
Sutarno
Sutarno - Bisnis.com 11 Januari 2019  |  16:17 WIB
Loading the player ...
Serah terima jabatan Kepala BNPB dari Laksamana Muda (purnawiran) Willem Rampangilei (kiri) kepada Letjen Doni Monardo (kanan). Video koleksi BNPB di Youtube.

Bisnis.com, JAKARTA – Sering muncul di media masa bahkan sering tayang langsung di televisi  ketika ada berita bencana alam, membuat masyarakat mengira Sutopo Purwo Nugroho adalah Kepala  BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

Maklum, yang selalu tampil di depan publik justru Sutopo dalam kapasitasnya sebagai  Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat di BNPB.

Kebetulan Kepala BNPB Laksamana Muda (purnawiran) Willem Rampangilei justru jarang tampil di depan publik.

BNPB kini punya bos baru Letjen TNI Doni Monardo yang baru dilantik Presiden Joko Widodo Rabu (9/1/2019).

Di tengah maraknya berita Doni Monardo dilantik menjadi Kepala BNPB, rupanya sebagian masyarakat yang selama ini mengira Sutopo sebagai Kepala BNPB baru tersadar bahwa mereka keliru memberi embel-embel jabatan ke Kapusdatin BNPB itu.

“Dikiranya saya sebagai Kepala BNPB. Saya hanya menjabat Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB,” tulis Sutopo dalam twitternya 8/1/2019, ketika memposting undangan acara Pelantikan Kepala BNPB Doni Monardo.

Saking seringnya tampil di depan publik saat mengumumkan korban bencana alam, Sutopo bahkan dikira Humas Badan SAR Nasional dan Humas BMKG (Badan Meteorologi  Klimatologi dan Geofisika). “Banyak masyarakat yang mengira saya Ka BNPB, bahkan dikira Humas BMKG atau Humas Basarnas hehe. Apapun jabatan kita harus disyukuri. Harus bekerja dengan hati. Melayani masyarakat,” lanjut kicauan Sutopo itu.

Bisa dimaklumi kesalahpahaman masyaraka tersebut, karena ketika wajah Sutopo muncul di televisi running text  jabatannya adalah Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, sehingga sekilas dipahami masyarakat  bahwa dialah Kepala BNPB.

Kini BNPB punya bos baru Letjen Doni Monardo. Reputasi jenderal berbintang tiga itu tak diragukan lagi, karena pernah menjabat Danjen Kopassus, Komandan Pasukan Pengaman Presiden, Pangdam Patimura, dan Pangdam Siliwangi yang kesohor dengan program Citarum Harum.

Apakah pamor Sutopo akan tenggelam dengan kehadiran Doni Monardo. Jangan-jangan Kepala BNPB yang baru ini justru rajin tampil di depan publik ketika mengumumkan berita bencana. Panggung Sutopo siap-siap tergusur?

Sejarah Jabatan Doni Monardo

Juni 2012—September 2014: Mayor Jenderal, Komandan Pasukan Pengaman Presiden

Sepember 2014—Juli 2015: Mayor Jenderal, Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus)

Juli 2015—Oktober 2017: Mayor Jenderal, Pangdam XVI Pattimura

Oktober 2017—Maret 2018: Mayor Jenderal, Pangdam III Siliwangi

Maret 2018—Januari 2019: Letnan Jenderal, Sekjen Dewan Ketahanan Nasional

Januari 2019—Sekarang: Letnan Jenderal, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bnpb, sutopo purwo nugroho

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top