Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luasan Longsor di Sukabumi Seukuran 10 Lapangan Bola

Data BNPB (Badan Nasional Penanggulagn Bencana) menyebutkan luas longsoran yang terjadi di Kampung Cimapag, Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi , Jawa Barat Senin sore (31/12/2018) mencapai 10,6 hektare atau setara dengan 10 kali luas lapangan sepak bola.
Luas longsoran yang terjadi di Kampung Cimapag, Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi , Jawa Barat Senin sore (31/12/2018) mencapai 10,6 hektare. Foto: BNPB
Luas longsoran yang terjadi di Kampung Cimapag, Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi , Jawa Barat Senin sore (31/12/2018) mencapai 10,6 hektare. Foto: BNPB

Bisnis.com, JAKARTA – Data BNPB (Badan Nasional Penanggulagn Bencana) menyebutkan luas longsoran yang terjadi di Kampung Cimapag, Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi , Jawa Barat Senin sore (31/12/2018) mencapai 10,6 hektare atau setara dengan 10 kali luas lapangan sepak bola.

Hal itu diungkapkan Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin BNPB), melalui akun twitternya @sutopo_PN.

“ Luas landaan longsor di Cisolok Kab Sukabumi 10,6 hektar. Dari mahkota longsor menuruni lereng dan menerjang permukiman di bawahnya,” ujarnya Kamis (3/1/2019)

Dia menambahkan rencananya warga yang rumahnya terdampak longsor akan direlokasi ke tempat aman.

Longsor yang terjadi Senin sore (31/12/2018) di Kampung Cimapag, Kabupaten Sukabumi , Jawa Barat.

Dari 30 unit rumah yang tertimbun terdapat 32 KK atau 101 jiwa. Sebelumnya dilaporkan 107 jiwa yang tertimbun, namun dikoreksi menjadi 101 jiwa.

Dari 101 jiwa yang tertimbun tercatat 63 orang selamat, 3 orang luka-luka dan dirujuk ke RS Pelabuhan Ratu, 15 orang meninggal dunia dan 20 orang masih dalam pencarian. Dua alat berat telah disiapkan, namun baru satu alat berat yang dapat masuk ke lokasi longsor.

Empat kali longsor susulan sudah terjadi meskipun dengan jumlah longsoran yang lebih kecil. Material tanah yang gembur dan rapuh cukup membahayakan bagi tim SAR gabungan di lapangan, apalagi jika turun hujan. Daerah Cisolok merupakan zona bahaya longsor sedang dan tinggi.

Berdasarkan peta prakiraan terjadinya longsor di Kabupaten Sukabumi pada Januari 2019 dari PVMBG, terdapat 33 kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang masuk kategori longsor menengah hingga tinggi.

Peta potensi longsor menengah artinya daerah yang mempunyai potensi menengah untuk terjadi longsor. Pada zona ini dapat terjadi longsor jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan. Sedangkan peta potensi longsor tinggi adalah daerah yang mempunyai potensi tinggi untuk terjadi longsor. Pada zona ini dapat terjadi longsor jika curah hujan di atas normal, sedangkan longsor lama dapat aktif kembali.

Tim SAR gabungan akan melanjutkan upaya pencarian 20 korban yang diduga masih tertimbun longsor.

Kebutuhan mendesak saat ini adalah cangkul, sekop, sarung tangan latex, alat komunikasi, personil dan relawan untuk menangani dapur umum dan evakuasi, dan perbaikan jaringan listrik agar segera menyala kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sutarno
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper