Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Harapan Angela Merkel Tentang Jerman Pada 2019 di Pidato Akhir Tahun

Kanselir Jerman Angela Merkel menyampaikan tekad negara ini untuk tahun depan dalam pidato tahunannya menjelang tutup tahun 2018.
Kanselir Jerman Angela Merkel/Reuters
Kanselir Jerman Angela Merkel/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA – Kanselir Jerman Angela Merkel menyampaikan tekad negara ini untuk tahun depan dalam pidato tahunannya menjelang tutup tahun 2018.

Jerman dinyatakan akan memikul tanggung jawab internasional yang lebih besar dan harus berpegang teguh pada pendiriannya pada 2019.

Seakan mengarah pada hubungan yang tegang antara Jerman dan Amerika Serikat (AS), Merkel, dalam pidato yang akan disiarkan pada hari ini, Senin (31/12/2018) waktu setempat, mengatakan ketentuan-ketentuan lama tentang kerja sama internasional telah mendapatkan tekanan.

“Demi kepentingan kita sendiri, kita harus mengemban lebih banyak tanggung jawab,” ujar Merkel, seraya memperingatkan bahwa masalah global seperti perubahan iklim, migrasi dan terorisme tidak dapat diselesaikan sendirian.

“Dengan menduduki kursi sementara di Dewan Keamanan PBB pada 2019 dan 2020, Jerman akan mendorong adanya solusi-solusi global,” tambah Merkel, seperti diberitakan BBC.

Selama satu tahun terakhir, Merkel diketahui telah menjadi pendukung utama multilateralisme, berbeda dengan kebijakan luar negeri ‘America First’ yang diusung Presiden AS Donald Trump.

Di sisi lain, Trump beberapa kali melancarkan perang retorika tentang berbagai isu kebijakan dalam dan luar negeri Jerman tahun ini.

Merkel, yang akan mundur dari posisinya pada tahun 2021, berjanji untuk meningkatkan pengeluaran Jerman demi bantuan kemanusiaan dan pembangunan, serta pertahanan.

Dalam pidatonya itu, Merkel juga berbicara tentang perpecahan politik yang mendalam di Jerman, mengakui pemerintahnya yang telah mengecewakan warga, tetapi juga menyerukan solidaritas dan kerja sama.

“Kita hanya akan menguasai tantangan zaman jika kita tetap bersatu dan bekerja sama dengan yang lainnya di seluruh perbatasan.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper