Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Organisasi Mahasiswa se-Ciputat Dukung Deklarasi Tolak Orba

Rencana deklarasi Alumni Ciputat Bersatu untuk menolak Orde Baru di Pilpres 2019 disambut baik sejumlah eks pimpinan organisasi kepemudaan di Ciputat seperti Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).
Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jl Juanda Ciputat Tangerang Selatan./JIBI-Nurudin Abdullah
Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jl Juanda Ciputat Tangerang Selatan./JIBI-Nurudin Abdullah
Bisnis.com, JAKARTA--Rencana deklarasi Alumni Ciputat Bersatu untuk menolak Orde Baru di Pilpres 2019 disambut baik sejumlah eks pimpinan organisasi kepemudaan di Ciputat seperti Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).
 
Mantan Ketua PMII Cabang Ciputat, Muhammad Faizin mengatakan pihaknya mendukung deklarasi tolak orba kembali di Pilpres 2019 yang dilakukan Alumni Ciputat Bersatu.
Menurut pria yang akrab disapa Faiz itu berpandangan bahwa mahasiswa Ciputat sejak tahun 1998 sudah ikut berjuang dalam menumbangkan otoritarianisme Orba.
 
"Jalan Ir H Juanda, Ciputat, dulu adalah saksi sejarah perjuangan mahasiswa Ciputat dalam melawan Orba. Kita tegas, tidak mau Orba kembali berkuasa!" tutur Faiz, Senin (31/12).
 
Dia juga menegaskan dirinya bersama alumni PMII lain sudah siap hadir pada diklarasi tolak orba pada Pilpres 2019, sebagai wujud komitmennya dalam menolak kembalinya Orba. 
 
"Orba harus dilawan, dulu, kini, hingga kapan pun. Kami sudah siap untuk hadir," katanya.
 
Senada juga disampaikan oleh Ketua Keorganisasian IMM Cabang Ciputat, Muhammad Isya yang menilai bahwa Deklarasi Tolak Orba adalah wujud sikap dan konsistensi mahasiswa IMM se-Ciputat dari sejak 1998 hingga saat ini.
 
Dia juga berpandangan bahwa Orde Baru itu, katanya, melekat sifat tirani, otoriter, KKN, dan mempolitisasi agama. Menurutnya, mahasiswa Ciputat yang dikenal kritis dengan diskusi-diskusinya, sudah pasti akan menolak kehadiran Orba.
 
"Tak bisa dibayangkan, jika Indonesia kembali ke era Orde Baru. Kebebasan berpendapat, beragama pasti akan direnggut kembali, rakyat tidak akan diperkenankan kritis, dan pemerintah pasti akan kembali korup," ujarnya.
 
Secara terpisah, eks Ketua Cabang GMNI Ciputat Muhammad Fadlullah juga sangat setuju dengan mendukung deklarasi tersebut. Pasalnya, saat ini alumni Ciputat yang dahulu sangat kritis dan keras melawan Orba, setelah lulus disibukkan dengan kegiatan masing-masing.
 
"Jika dulu, kita dipertemukan Orba. Kini ancaman kembalinya Orba mempersatukan kita lagi. Sudah saatnya Alumni Ciputat kembali 'turun gunung'. Dulu, menjatuhkan Soeharto dan Orba adalah perjuangan yang tidak mudah. Ada pengorbanan jiwa dan raga, kembalinya Orba tidak bisa dibiarkan," tuturnya.
 
Senada, mantan Ketua Cabang HMI Kuntum Khairu Basa juga mendukung deklarasi Alumni Ciputat Bersatu. Kuntum mengatakan, saat ini kondisi beragama masyarakat tengah berada di titik nadirnya, agama dipermainkan, dipolitisasi demi kepentingan sesaat salah satu calon presiden. 
 
"Agama saat ini dipermainkan, hoax disebarkan untuk menciptakan keresahan. Sudah tepat alumni Ciputat yang notabene alumni UIN berdiri tegak, menjaga agama dari orang-orang yang merusaknya," katanya.
 
Sebelumnya, eks aktivis UIN Syahid Jakarta dari sejumlah organisasi seperti Forum Kota, Famred, KAMJAK, Kompak, LSADI, UKM, Formaci, juga sudah siap hadir di dalam deklarasi tersebut.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper