Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPK Resmikan Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meresmikan penggunaan gedung Pusat Edukasi Antikorupsi atau Anti-Corruption Learning Center (ACLC) yang menempati kantor KPK di Jalan HR. Rasuna Said Kav C1 Jakarta Selatan, atau gedung KPK sebelum dipindahkan ke gedung Merah Putih
Basaria Pandjaitan, Alexander Marwata, Agus Rahardjo, Laode M. Syarif (dari kiri ke kanan) saar peresmian Gedung Pusat Pendidikan Antikorupsi, Senin (26/11/2018)//Bisnis.com -- Rahmad Fauzan
Basaria Pandjaitan, Alexander Marwata, Agus Rahardjo, Laode M. Syarif (dari kiri ke kanan) saar peresmian Gedung Pusat Pendidikan Antikorupsi, Senin (26/11/2018)//Bisnis.com -- Rahmad Fauzan

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meresmikan penggunaan gedung Pusat Edukasi Antikorupsi atau Anti-Corruption Learning Center (ACLC) yang menempati kantor KPK di Jalan HR. Rasuna Said Kav C1 Jakarta Selatan, atau gedung KPK sebelum dipindahkan ke gedung Merah Putih.

Melalui peresmian ini, KPK mengajak segenap elemen bangsa dan komunitas internasional untuk memberantas korupsi melalui pendidikan antikorupsi.

Ketua KPK, Agus Rahardjo dalam pidato peresmian mengatakan memberantas korupsi tak hanya mengandalkan cara-cara represif.

"Masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam pemberantasan korupsi melalui pendidikan," ujarnya, Senin (26/11/2018).

Peresmian ini, lanjutnya, diharapkan menjadi momentum yang melahirkan semangat baru dalam upaya bersama memberantas korupsi.

“Kami berharap melalui Pusat Edukasi Antikorupsi ini sinergi dengan Kementerian/Lembaga dan penegak hukum melalui badan diklat masing-masing, semakin baik dalam pembangunan integritas masyarakat sebagai upaya kolektif dalam kerangka
pemberantasan korupsi,” jelas Agus.

Pusat Edukasi Antikorupsi atau ACLC dibentuk pada 2011 atas kerja sama KPK dengan lembaga donor Jerman Deutsche Gesellschaft fuer Internationale Zusammenarbeit (GIZ).

ACLC disebutkan lahir atas komitmen untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia di bidang antikorupsi yang tidak terlepas dari tantangan KPK menghadapi kompleksitas tindak pidana korupsi yang terus berkembang dengan modus kian canggih.

Secara bertahap sejak 2015 Pusat Edukasi Antikorupsi mulai beroperasi dengan menyusun materi-materi antikorupsi dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran, termasuk dengan metode pembelajaran jarak jauh atau e-learning.

Saat ini terdapat 30 orang trainer internal yang akan sesuai rencana akan ditambah terus jumlahnya.

Pada 2016-2017, Pusat Edukasi Antikorupsi telah mendorong pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dengan bekerja sama kepada Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Melalui proses sertifikasi, telah dihasilkan 256 Penyuluh Antikorupsi (PAK) serta 47 Ahli Pembangun Integritas (API).

Selain itu, merespon permintaan lembaga-lembaga antikorupsi di beberapa negara, Pusat Edukasi Antikorupsi juga mengembangkan program kelas internasional.

Pada 26 – 30 November 2018 kelas internasional akan diikuti para pejabat dan profesional dari 5 lembaga antikorupsi:

•Independent Joint Anti-Corruption Monitoring and Evaluation Committee (MEC) Afganistan;
•Bureau Independent Anti-Corruption (BIANCO) Madagaskar;
•Anti-Corruption Commission (ACC) Banglades;
•Administrative Control Authority (ACA) Mesir;
•Anti-Corruption Commission of the Republic of the Union of Myanmar (ACCM).

KPK menambahkan akan berbagi pengalaman, tantangan dan kesuksesan selama hampir 15 tahun, selain juga mengambil pelajaran dari praktik-praktik terbaik yang dijalankan oleh masing-masing negara peserta.

"Harapannya, Pusat Edukasi Antikorupsi ini dapat menjadi rujukan di kawasan regional dalam meningkatkan integritas masyarakat," tutur Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper