2 Bulan Kampanye, Bawaslu Riau Tertibkan 563 APK

Bawaslu se-Provinsi Riau telah melakukan penertiban 563 alat peraga kampanye (APK) milik peserta pemilu selama 2 bulan masa kampanye yang telah berjalan.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 24 November 2018  |  22:49 WIB
2 Bulan Kampanye, Bawaslu Riau Tertibkan 563 APK
Ilustrasi: Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (tengah) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kiri) dan Ketua Tim Kampanye Nasional Erick Thohir (kanan) mengikuti jalan sehat bertajuk Sehat Bersama 01JokowiLagi di Lampung, Sabtu (24/11/2018). - Antara/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, PEKANBARU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) se-Provinsi Riau telah melakukan penertiban 563 alat peraga kampanye (APK) milik peserta pemilu selama 2 bulan masa kampanye yang telah berjalan.

Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan dalam keterangan resminya mengatakan genap dua bulan masa kampanye, Bawaslu Provinsi Riau beserta Bawaslu Kabupaten/Kota dan jajarannya, terjadi empat pelanggaran non-APK oleh partai politik peserta pemilu di Riau.

 "Sebanyak 15 pelanggaran dilakukan APK Calon DPD, pelanggaran akumulasi per parpol se-Riau sebanyak 553 pelanggaran," ujarnya pada Sabtu (24/11/2018).

Dia menjelaskan beberapa masalah yang ditemukan Bawaslu yakni APK dipasang tidak sesuai dengan tempat yang diperbolehkan, ukuran APK tidak sesuai, APK terpasang jumlahnya berlebih, dan tidak terkendali.

Padahal dalam regulasinya, setiap parpol hanya memiliki jatah 10 buah spanduk per kelurahan atau desa.

Rusidi berharap agar dalam rapat koordinasi ini menghasilkan pemahaman tentang peraturan kampanye, dan ketaatan peserta pemilu dalam mensukseskan pemilu serentak pada 2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
riau, bawaslu, Pemilu 2019

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup