Hasil Konser Kemanusiaan Rp16 Miliar untuk Hunian Sementara Gempa Sulteng

Kolaborasi 100 artis dalam Gala Dana Palu 100 Biduan 100 Hits berhasil mengumpulkan dana mencapai Rp19 miliar untuk membantu korban gempa di Sulawesi Tengah.
Rayful Mudassir | 23 November 2018 17:13 WIB
Suasana pemukiman yang rusak akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Kolaborasi 100 artis dalam Gala Dana Palu 100 Biduan 100 Hits berhasil mengumpulkan dana mencapai Rp19 miliar untuk membantu korban gempa di Sulawesi Tengah.

Sebanyak Rp16 miliar donasi diantaranya ditujukan untuk pembangunan hunian sementara di Palu, Sigi, Donggala dan sekitarnya di Sulawesi Tengah.

Panitia Gala Dana Palu 100 Biduan, 100 Hits menyerahkan donasi secara simbolis kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dana tersebut terkumpul melalui konser kemanusiaan bertajuk ‘Gala Dana 100 Biduan, 100 Hits untuk Palu, Donggala, Sulteng’ 5 Oktober 2018.

Sebagian dari dana sebesar Rp3 miliar yang dialokasikan untuk bantuan medis dan psikososial. Dana tersebut disalurkan lebih dulu saat seluruh bantuan dihimpun. Sementara Rp16 miliar digunakan untuk pembangunan hunian sementara (Huntara).

Selain itu beberapa fasilitas lainnya seperti kebutuhan MCK (mandi cuci kakus), listrik (berbasis solar cell) dan taman bacaan juga masuk dalam fasilitas yang akan dibangun.

Loemongga Kartasasmita, Ketua Penyelenggara Gala Dana 100 Biduan, 100 Hits untuk Palu, Donggala, Sulteng mengatakan kepedulian masyarakat Indonesia masih cukup tinggi. Semula dana yang ditarget hanya Rp5 miliar, ternyata terkumpul 19 miliar.

“Padahal persiapan sangat singkat, akan tetapi kolaborasi ini mendapat sambutan luar biasa. Terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang sudah berpartisipasi. Semoga dengan adanya bantuan ini, saudara-saudari kita di Palu, Sigi, Donggala, Sulawesi Tengah, bisa cepat pulih,” katanya melalui rilis yang diterima Bisnis, Jumat (23/11/2018)

Danis H. Sumadilaga, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR mengatakan pemerintah menargetkan pembangunan 1.200 hunian sementara yang ditargetkan Desember 2018. Hunian sementara itu dinilai akan cukup dibutuhkan masyarakat yang terkena dampak bencana alam dan kehilangan hunian tetap mereka.

“Dalam melaksanakan kerja sama ini, Kementerian PUPR dan tim Gala Dana Palu hari ini menandatangani MoU atau kesepakatan bersama. Bantuan akan dilakukan dengan mengikuti standar dan spesifikasi yang ditetapkan oleh Kementerian PUPR, terutama untuk unit hunian maupun fasilitas lainnya, seperti fasilitas pendidikan dan kesehatan," katanya.

Jika dirinci, total dana tersebut sebagian berasal dari komitmen individual dan perusahaan mencapai Rp11,9 miliar, Tokopedia senilai Rp6,6 miliar yang terbagi Rp2,5 miliar dari Tokopedia dan sisanya dari partisipasi 59.000 masyarakat yang menyumbang lewat aplikasi platform tersebut. Selain itu, Rp473 juta dikumpulkan dari penonton konser kemanusiaan dan melalui platform Kitabisa.com sejumlah Rp211 juta.

“Masyarakat benar-benar peduli kepada sesama yang sedang membutuhkan. Kami berharap, donasi ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendorong saudara-saudari kita di sana bangkit kembali," kata Glenn Fredly, artis yang mendukung Konser 100 Hits, 100 Biduan dan aktivis Bale Nusa Indonesia.

Tag : donasi, Gempa Palu
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top