AS-Korut Tunda Pertemuan Lanjutan Bahas Denuklirisasi

Rencana pertemuan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dengan pejabat Korea Utara untuk membahas denuklirisasi telah ditunda.
Annisa Margrit | 07 November 2018 13:24 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un memberi panduan program senjata nuklir dalam foto tak bertanggal yang dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara Korea Utara. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Rencana pertemuan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dengan pejabat Korea Utara untuk membahas denuklirisasi telah ditunda.

Kedua pihak sebenarnya dijadwalkan bertemu pada Kamis (8/11/2018) di New York, AS. Namun, agenda tersebut ditunda dan belum pasti kapan akan direalisasikan.

Tidak disebutkan pula alasan pembatalan pertemuan ini. Departemen Luar Negeri (Deplu) AS hanya menyatakan penjadwalan ulang bakal dilakukan setelah menyesuaikan dengan agenda masing-masing pihak.

“Pembicaraan antara kedua pihak tetap berlangsung saat ini. AS tetap fokus memenuhi komitmen yang telah disepakati Presiden AS Donald Trump dan pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Singapura pada Juni 2018,” demikian disampaikan Deplu AS seperti dilansir Reuters, Rabu (7/11).

Awalnya, Pompeo diagendakan bertemu dengan pejabat senior Korut Kim Yong Chol. Pertemuan tersebut diharapkan dapat membuka jalan untuk KTT berikutnya serta mempercepat progres denuklirisasi.

Meski Korut sudah menyetujui denuklirisasi, tapi sejumlah pihak khawatir progresnya tidak secepat yang diharapkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
amerika serikat, nuklir korut

Sumber : Reuters
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top