AS-Korut Kembali Gelar Pertemuan Bahas Denuklirisasi

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dijadwalkan bertemu dengan Kim Yong Chol, pejabat senior Korea Utara, untuk membahas denuklirisasi.
Annisa Margrit | 06 November 2018 11:39 WIB
Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjalan saat berlangsung KTT Korut dan AS di Hotel Capella, Pulau Sentosa Singapura, 12 Juni 2018. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dijadwalkan bertemu dengan Kim Yong Chol, pejabat senior Korea Utara, untuk membahas denuklirisasi.

Pemerintah Korea Utara (Korut) menyampaikan kedua pihak akan bertemu di New York, AS pada Kamis (8/11/2018).

Keduanya akan membicarakan perkembangan seluruh poin yang disebutkan dalam pernyataan bersama di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Singapura pada Juni 2018, termasuk denuklirisasi secara penuh. Ketika itu, Presiden AS Donald Trump dan pemimpin tertinggi Korut Kim Jong-un melakukan pertemuan untuk pertama kalinya.

Penasihat Keamanan Nasional Korea Selatan (Korsel) Chung Eui-yong mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Washington dalam pemberian sanksi kepada Korut dan mengharapkan perkembangan dari pertemuan tersebut.

“Kami mengharapkan perkembangan signifikan dalam denuklirisasi.. dan mengharapkan pembicaraan di level kerja dapat mengikuti pertemuan di level atas,” tambahnya seperti dilansir Reuters, Selasa (5/11).

Choi melanjutkan pihaknya masih berupaya menyusun kesepakatan untuk secara resmi mendeklarasikan berakhirnya Perang Korea pada akhir tahun ini.

Sumber : Reuters

Tag : amerika serikat, nuklir korut
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top