Jokowi Angkat Syafiq Mughni Sebagai Utusan Khusus Presiden Antar Agama

Presiden Joko Widodo mengangkat Syafiq A. Mughni menjadi Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP).
Amanda Kusumawardhani | 27 Oktober 2018 01:18 WIB
Presiden Joko Widodo - ANTARA/Dhemas Reviyanto

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo mengangkat Syafiq A. Mughni menjadi Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP).

Berdasarkan keterangan resminya, Jumat (26/10/2018), pengangkatan itu didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 52/M Tahun 2018.

Pengangkatan Syafiq untuk menggantikan M. Din Syamsuddin yang mengundurkan diri dari jabatan UKP-DKAAP pada 21 September 2018. Setelah menerima penunjukan dirinya sebagai UKP-DKAAP, Syafiq pun non aktif dari posisinya sebagai Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah bidang Hubungan Antar Agama dan Peradaban.

Presiden Jokowi menugaskan Syafiq untuk mengembangkan dialog sekaligus kerja sama antaragama, baik di dalam maupun di luar negeri. Selain itu, di dalam keputusan Presiden tersebut dijelaskan bahwa sebagai UKP-DKAAP, Syafiq mengemban tugas untuk mempromosikan kehidupan umat Islam di Indonesia berdasarkan prinsip Wasathiyah.

Syafiq merupakan Guru Besar Peradaban Islam di UIN Sunan Ampel Surabaya. Ia juga pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Dirinya juga pernah duduk sebagai Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur.

Tag : jokowi
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top