Mugejeg, Pameran Foto Perjalanan ke Suku Mentawai

Ditto Birawa, pemilik Birawa Photo-Motion, menggelar pameran foto bertema Mugejeg di Galeri Foto Paramata yang dibuka mulai 14 - 27 Oktober 2018.
Mugejeg, Pameran Foto Perjalanan ke Suku Mentawai Azizah Nur Alfi | 13 Oktober 2018 02:47 WIB
Mugejeg, Pameran Foto Perjalanan ke Suku Mentawai
Pameran foto Mugejeg - Dokumentasi

Bisnis.com, JAKARTA - Ditto Birawa, pemilik Birawa Photo-Motion, menggelar pameran foto bertema Mugejeg di Galeri Foto Paramata yang dibuka mulai 14 - 27 Oktober 2018. 

Mugejeg adalah bahasa tradisional Suku Mentawai, yang memiliki arti jalan-jalan. Dalam pameran tunggal ini, Ditto menyajikan cerita tentang perjalanan ke Suku Mentawai dalam karya foto. 

Obyek foto diambil di Kepulauan Mentawai dalam kurun waktu 2013 - 2016. Prosesnya disebut menantang karena perjalanan yang cukup jauh dan komunikasi yang sulit dengan penduduk setempat di Mentawai. Hampir semua penduduk Mentawai tidak pandai berbahasa Indonesia. Bahasa yang digunakan sangat berbeda, sehingga perlu pendamping dari penduduk setempat.

"Mentawai adalah suku tertua di Indonesia yang sudah ada sejak 500 tahun sebelum masehi. Kekunoan dan ketradisonalan itu masih bisa kami dapati sampai sekarang.  Suku Mentawai diklaim memliiki budaya tatto yang juga merupakan salah satu budaya tatto tertua di dunia," terang pemilik nama lengkap Aditya T Birawa ini, dikutip dari siaran pers pada Sabtu (13/10/2018). 

Ditto menyajikan pameran tunggal perdananya ini berbeda dengan pameran foto lain. Hal ini karena pameran foto ini menggunakan teknologi Augmented reality dan minim penggunaan kertas. 

Dia berharap pameran ini dapat memberikan pengalaman eksplorasi yang menarik bagi anak muda untuk lebih mengenal dan mempelajari kebudayaan bangsa Indonesia. 

Sebelumnya, Ditto sering mengikuti pameran foto bersama di antaranya pameran bersama ID Photographer di Cilandak Town Square dan Pacific Place, Pameran Festival Foto di Surabaya, dan Astoning Indonesia di Semarang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pameran foto

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top