Gereja Dibom, 17 Orang Dijatuhi Hukuman Mati di Mesir 

Sebanyak 17 orang dijatuhi vonis hukuman mati oleh pengadilan militer Mesir atas keterlibatan mereka dalam kasus serangan bom di Gereja Kristen Koptik.
John Andhi Oktaveri | 12 Oktober 2018 13:23 WIB
Aparat Mesir menyelidiki katedral Kristen Koptik di Kairo yang dibom pada 11 Desember 2018. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA--Sebanyak 17 orang dijatuhi vonis hukuman mati oleh pengadilan militer Mesir atas keterlibatan mereka dalam kasus serangan bom di Gereja Kristen Koptik.

Pada perkara yang sama, pada 2016 dan 2017, sebanyak 19 pelaku lainnya lebih dulu dihukum penjara seumur hidup.

Kelompok sipil yang bergerak di bidang hak asasi manusia, Amnesty Internasional, menuding vonis mati itu "sangat tidak adil".

Sebelumnya, kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengklaim para milisi mereka berada di balik serangan tahun 2017 itu. Bom yang meledak di Gereja Koptik di Kota Aleksandria itu menewaskan lebih dari 45 orang.

"Tidak ada keraguan bahwa para pelaku serangan mengerikan itu seharusnya mendapat ganjaran setimpal atas kejahatan mereka," tulis Amnesty Internasional dalam pernyataan tertulis sebagaimana dikutip BBC.com, Jumat (12/10/2018).

Amnesty Internasional juga menyebutkan bahwa menjatuhkan hukuman mati secara massal setelah peradilan militer yang tak berimbang, bukanlah keadilan dan tak akan mampu mencegah serangan sektarian berikutnya.

“Para terduga pelaku serangan Gereja Koptik seharusnya diadili di peradilan sipil yang sesuai dengan asas hak asasi manusia," ujar lembaga itu.

Sejak 2014, otoritas Mesir telah mengadili lebih dari 15 ribu orang sipil ke pengadilan militer. Proses itu dianggap tak memberikan perlindungan hukum sama sekali bagi para terduga pelaku kejahatan.

Pengadilan militer Mesir kemarin juga menjatuhi hukuman penjara selama 10 hingga 15 tahun bagi 10 pelaku serangan Gereja Koptik lainnya. Para terdakwa disebut dapat mengajukan banding atas vonis yang dijatuhkan.

Pada Desember 2016, serangan serupa terjadi di kompleks gereja katedral di Kairo dan menewaskan sekitar 25 orang.

Gereja Kristen Koptik di Mesir telah beberapa kali menjadi target serangan kelompok ISIS. Komunitas gereja itu disebut memiliki populasi sebesar 10% dari total jumlah warga Mesir.

Sumber : bbc.com

Tag : gereja, bom, mesir
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top