Rumah Cimanggis Akan Direstorasi, Jadi Bagian Kampus UIII

Pemerintah memastikan tidak akan menghancurkan bangunan cagar budaya Rumah Cimanggis, Kota Depok.
Wisnu Wage Pamungkas | 09 Oktober 2018 15:18 WIB
Rumah Cimanggis - Antara

Bisnis.com,BANDUNG—Pemerintah memastikan tidak akan menghancurkan bangunan cagar budaya Rumah Cimanggis, Kota Depok.

Ketua Harian Komite Pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Komarudin Hidayat mengatakan Rumah Cimanggis tidak akan dirobohkan meski pengerjaan fisik sudah akan dimulai. 

“Tetap itu [tidak dirobohkan], nanti kita akan restorasi,” katanya usai pertemuan dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung, Selasa (9/10/2018).

Pihaknya memastikan dalam proyek UIII yang merupakan proyek strategis nasional ini, lahan dan bangunan cagar tersebut akan dipulihkan seperti semula untuk menarik minat kunjungan ke kampus.

Pemerintah Kota Depok sendiri sudah menetapkan ini sebagai cagar budaya dan tinggal diperkuat oleh Pusat. “Iya itu bagian dari warisan budaya, cagar budaya. Bahkan itu daya tarik orang berkunjung ke situ,” katanya.

Sedangkan untuk desain cagar, pihaknya belum bisa memberikan gambaran rinci karena masih fokus pada proses pembebasan lahan dan penertiban dampak sosial UIII. “Nanti belakangan, yang penting tidak dirobohkan,” tambahnya.

Sebelumnya, akhir tahun lalu, warga Kota Depok dibikin geger dengan rencana pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Protes bermunculan karena pembangunan itu akan menghancurkan Rumah Cimanggis, sebuah bangunan tua yang berdiri sejak abad ke 18 Masehi.

Tag : depok
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top