Kapal Layar Polandia Dar Młodzieży Singgah di Tanjung Priok

Pada hari Selasa (2/10/2018), kapal layar putih sepanjang lebih dari 100 meter dari Polandia singgah di Indonesia.
Nancy Junita | 02 Oktober 2018 03:00 WIB
Kapal layar dari Polandia Dar Modziey - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pada hari Selasa (2/10/2018), kapal layar putih sepanjang lebih dari 100 meter dari Polandia singgah di Indonesia.

Dikutip dari keterangan tertulis Kedutaan Besar Polandia untuk Indonesia, Senin (1/10/2018), kapal layar itu adalah Dar Modziey (bahasa Polandia, yang artinya kira-kira: anugerah pemuda), tengah dalam perjalanan keliling dunia dalam rangka memperingati 100 tahun Restorasi Kemerdekaan Polandia.

Kedatangan Dar Modzieydi ke Pelabuhan Tanjung Priok akan disambut perwakilan Pemerintah Indonesia dan Polandia, pejabat Pemprov DKI, dan marching band dari Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta.

Selepas upacara penyambutan), Dar Modziey akan dikunjungi delegasi Pemerintah Polandia yang dipimpin oleh Deputi Menteri Maritim dan Perhubungan Dalam Negeri Anna Moskwa, dan para pejabat Indonesia.

Dar Modzieyjuga akan dikunjungi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B Panjaitan, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Pertukaran di Bidang Pemerintahan

Dalam pelayaran kali ini, Dar Modziey mengangkut 160 kru dan peserta pelayaran, terdiri dari para siswa Universitas Maritim Polandia  di Gdynia dan Szczecin, beserta para pemuda penerima penghargaan dalam suatu kontes terkait perjuangan kemerdekaan Polandia.

Delegasi resmi Polandia akan membawa serta perwakilan dari industri maritim Polandia (utamanya dari industri galangan kapal) dan produsen makanan, yang akan melangsungkan diskusi niaga.

Anna Moskwa akan bertemu dengan perwakilan pemerintah Indonesia, termasuk Susi Pudjiastuti, Menristekdikti Mohammad Nasir,  Direktur Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Nusron Wahid,  Presiden ASDP Ferry IndonesiaIra Puspadewi.

Pertemuan-pertemuan tersebut akan dilangsungkan di atas Dar Modziey. Acara puncak dari kunjungan Dar Modziey  adalah resepsi makan malam pada 3 Oktober 2018.

Sekilas Dar Modziey

Kapal layar tiang tinggi ini dibangun di galangan kapal Gdask pada tahun 1981, didanai juga oleh kontribusi masyarakat Polandia maupun diaspora.

Hak milik Dar Modziey dipegang oleh Universitas Maritim Gdynia dan dipergunakan sebagai kapal latih. Dar Modzieyadalah kapal Samudra buatan Polandia pertama yang berhasil menyelesaikan perjalanan keliling dunia (1987–1988).

Pada pelayaran kali ini (disebutThe Independence Cruise), lebih dari 1.000 siswa maritim / kadet dan sukarelawan, dibagi dalam 6 kelompok, akan bekerja di atas Dar Modziey dibawah komando KaptenIreneusz Lewandowski.

Dar Modziey meninggalkan Pelabuhan Gdynia pada 20 Mei 2018, dan direncanakan akan mengunjungi 22 pelabuhan di 18 negara.

Sepanjang perjalanan, Dar Modzieyakan mengunjungi Gdynia, Tallinn, Copenhagen, Stavenge, Szczecin, Bremerhaven, Bordeaux, Tenerife, Dakar, Cape Town, dan Mauritius.

Setelah dari Jakarta Dar Modziey akan berangkat ke Singapura, Shanghai, Osaka, San Francisco, Los Angeles, Acapulco.

Setelah itu puncak dari TheIndependence Cruise: keikutsertaan dalam Hari Pemuda Sedunia ke-34 di Panama yang diselenggarakan pada Januari 2019.

Sepanjang perjalanan pulang, Dar Modziey  akan mengunjungi Miami, Ponta Delgada, danLondon, sebelum bertolak pulang ke Gdynia.

Kapal layar ini panjangnya 108,8 meter, tinggi tiang layar 49,5 meter, kecepatan berlayar – 19.5 knots, kru - 168 (32 kru permanen + 136 siswa latih), kemampuan bertahan sendiri  45 hari.

Tag : kapal, polandia
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top