Korsel-Korut Jadi Saingan Indonesia Untuk Olimpiade 2032

Kesepakatan itu disampaikan usai pertemuan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in dan pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un di Pyongyang, Korut (19/9/2018).
Annisa Margrit | 19 September 2018 13:19 WIB
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un menunjukkan pernyataan bersama kedua negara di Pyongyang, Korea Utara, Rabu (19/9). - Pyeongyang Press Corps via Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Korea Selatan dan Korea Utara sepakat mengajukan diri menjadi tuan rumah bersama Olimpiade 2032. 
 
Kesepakatan itu disampaikan usai pertemuan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in dan pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un di Pyongyang, Korut (19/9/2018). Adapun agenda utama pertemuan keduanya adalah program denuklirisasi Korut.
 
Reuters melansir pernyataan bersama itu juga menyebutkan bahwa kedua negara akan berpartisipasi bersama dalam berbagai kompetisi internasional, termasuk Olimpiade Tokyo 2020. 
 
Kesepakatan ini diumumkan menyusul pernyataan Menteri Olahraga Korsel Do Jong-hwan pada pekan lalu. Dia mengatakan menjadi tuan rumah bersama akan meneruskan kesuksesan Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korsel, di mana partisipasi Korut membantu meredakan ketegangan di Semenanjung Korea.
 
Di Pyeongchang, kedua negara berpartisipasi bersama dalam beberapa cabang olahraga. Demikian juga di Asian Games 2018 yang digelar di Indonesia.
 
Indonesia juga sudah mengumumkan keinginan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 setelah berhasil menggelar Asian Games 2018 belum lama ini. Negara lain yang telah mengemukakan ketertarikan yang sama adalah Jerman, Australia, dan India.
 
Biasanya, International Olympic Committee (IOC) baru mengumumkan negara mana yang terpilih 4-7 tahun sebelum ajang olahraga terbesar dunia itu digelar. 

Sumber : Reuters

Tag : korea utara, korea selatan
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top