OTT LAMPUNG SELATAN: Inilah Profil Zainudin Hasan, Adik Ketua MPR, yang Diduga Ditangkap KPK

Bupati Lampung disebut-sebut sebagai salah satu orang yang terjaring operasi tangkap tangan di Lampung Selatan. Ketua KPK Agus Rahardjo menyebutkan di antara tujuh orang yang ditangkap KPK terdapat ZH, seorang bupati.
Rahmad Fauzan, Saeno | 27 Juli 2018 10:39 WIB
Zainudin Hasan - lampungselatankab.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Bupati Lampung disebut-sebut sebagai salah satu orang yang terjaring operasi tangkap tangan di Lampung Selatan. Ketua KPK Agus Rahardjo menyebutkan di antara tujuh orang yang ditangkap KPK terdapat ZH, seorang bupati.

Meski KPK tidak menyebutkan nama lengkap, dengan identifikasi jabatan dan inisial asosiasi langsung mengarah kepada Zainudin Hasan, adik Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Bisnis coba mengonfirmasi dan menelepon ke nomor telepon seluler Ketua MPR Zulkifli Hasan untuk mengonfirmasi ihwal penangkapan Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan. Namun, upaya menelepon pada pukul 9.29 WIB hingga tiga kali kepada nomor telepon yang dituju tidak mendapat  respons. Begitu juga upaya mengonfirmasi melalui pesan singkat atau SMS hingga tulisan ini dibuat tidak mendapat tanggapan.

Adapun berdasar penelusuran biografi Bupati Lampung Selatan diketahui bahwa yang bersangkutan bernama lengkap Zainudin Hasan. Pria bergelar sarjana hukum dan magister hukum serta doktor ini mulai menjabar sebagai Bupati Lampung Selatan pada 17 Februari 2016.

Lahir  di Pisang,  Penengahan, Lampung Selatan, 12 Januari 1965 Zainudin merampungkan pendidikan sarjana di Universitas Ibnu Chaldun Jakarta, meraih gelar Magister bidang hukum di Universitas Jaya Baya, dan meraih gelar doktor bidang manajemen pendidikan di Universitas Negeri Jakarta.

Adik  Ketua MPR Zulkifli Hasan ini pernah mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Gubernur Lampung bersama Herman HN namun mereka gagal. Ia juga mencalonkan diri sebagai Bupati Lampung Selatan pada Pemilihan umum Bupati Lampung Selatan 2015 bersama Nanang Ermanto.

Putra asli Lampung Selatan ini menghabiskan masa kecil hingga remajanya di seputaran Kota Kalianda, Ibu Kota Kabupaten Lampung Selatan.

Menyelesaikan pendidikan SD hingga sebagian masa SMA-nya di Lampung Selatan, Zainudin kemudian pindah ke Jakarta dan menamatkan jenjang pendidikannya di SMA Negeri 53 Jakarta Timur. Delapan tahun selepas lulus SMA, Zainudin meneruskan jenjang pendidikannya hingga berhasil meraih gelar Doktor dari Universitas Negeri Jakarta di tahun 2005.

Suami satu istri dan ayah dari lima anak ini sejak muda aktif berorganisasi. Kini ia tercatat sebagai ketua DPW Partai Amanat Nasional Provinsi Lampung.

Zainudin dikenal memiliki pengalaman dan pergaulan yang luas. Ia pernah menjadi dosen, advokat, juga pengusaha.

Pada pemilihan kepala  daerah 2015, Zainudin berpasangan dengan Nanang Ermanto terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan periode 2016-2021.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lampung, OTT KPK

Sumber : wikipedia/lampungselatankab.go.id/ayobangundesa.org
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top