Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KPU: Seminggu Dibuka, Belum Ada Parpol Daftarkan Bacaleg

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah membuka pendaftaran bakal calon legislatif untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sejak 4 Juli lalu. Akan tetapi masih belum ada partai politik yang mendaftarkan calonnya.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 10 Juli 2018  |  13:54 WIB
Pemilihan legislatif - ilustrasi
Pemilihan legislatif - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah membuka pendaftaran bakal calon legislatif untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sejak 4 Juli lalu. Akan tetapi masih belum ada partai politik yang mendaftarkan calonnya.

Komisioner KPU, Hasyim Asy'ari mengatakan dokumen sarat calon harus dipenuhi semua sehingga kemungkinan para calon masih melengkapi semua berkas yang diperlukan.

"Misalnya sarat pendidikan fotocopy ijazah yang dilegalisir. Calonnya ini domisili di Jakarta tapi sekolahnya di kampung halaman mungkin butuh waktu. SKCK kepolisian, surat keterangan pengadilan, dan beberapa persyaratan lain mungkin konsolidasinya lama," katanya di Kantor KPU, Selasa (10/7/2018).

Hasyim menjelaskan faktor teknis di internal partai dan pengurus yang jadi pihak penyusun pemeriksaan dokumen kelengkapan calon juga bisa menjadi salah satu faktor. Di sisi politis, kemungkinan partai akan disibukkan dengan penempatan para calon di daerah pemilihan (dapil) dan nomor urut yang diberikan.

"Nah, biasanya partai urusan penempatan nomor ini jadi isu politik atau problem politik. Karena itu partai harus cermat hati-hati siapa kadernya ditempatkan di dapil mana nomor berapa," jelas Hasyim.

Menurutnya pakta integritas bukan eks koruptor, pelaku kejahatan seksual terhadap anak, dan bandar narkoba yang diwajibkan ada oleh KPU tidak jadi masalah.

Hal ini karena berdasarkan pernyataan pemimpin partai di media mereka semua mendukung untuk tidak mengusung calon yang bermasalah. Oleh karena itu KPU berharap parpol segera mendaftarkan calonnya sebelum ditutup pada 17 Juli nanti.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpu caleg
Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top