Ketua DPR Minta KPU Segera Selesaikan Masalah Pilkada Serentak

Meski secara keseluruhan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018 berjalan aman, masih ada beberapa masalah yang ditemukan.
Jaffry Prabu Prakoso | 28 Juni 2018 12:27 WIB
Ketua DPR Bambang Soesatyo menaiki mobil seusai menjalani pemeriksaan di gedung KPK Jakarta, Jumat (8/6/2018). - ANTARA/Elang Senja

Bisnis.com, JAKARTA – Meski secara keseluruhan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018 berjalan aman, masih ada beberapa masalah yang ditemukan.

Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta KPU, Bawaslu, dan Panwaslu melakukan evaluasi salah satunya soal distribusi suara.

“Guna menghasilkan pilkada yang berkualitas serta memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah,” kata Bambang, Kamis (28/6/2018).

Bambang mencatat ada beberapa kendala dalam pelaksanaan pilkada seperti kekerasan yang dialami anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di daerah Sumenep, Jawa Timur dan perusakan TPS di Tulang Bawang Udik, Lampung.

Politisi Partai Golkar ini juga menduga sejumlah kecurangan seperti dugaan praktik politik uang selama rangkaian Pilkada Serentak 2018 dilaksanakan di sejumlah wilayah.

Laporan yang yang dia terima lokasi tersebut ada di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sumatera Utara, Lampung, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Dugaan pelanggaran surat suara yang telah dicoblos juga ditemukan di Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Bambang meminta KPU segera menyelenggarakan pilkada di wilayah yang belum dapat melakukan pemungutan suara yakni di Kabupaten Nduga dan Pinai di Provinsi Papua.

Tag : Pilkada Serentak
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top