Pilgub Jabar 2018: Dua Kandidat Bersaing Ketat, Ridwan Kamil Paling Berpeluang

Pemilu kepala daerah di Jawa Barat dinilai akan menyajikan pertarungan sengit dua dari empat kandidat dengan tingkat elektabilitas tertinggi yaitu Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dan Deddy Mizwarr-Dedi Mulyadi
Lingga Sukatma Wiangga | 22 Juni 2018 16:59 WIB
Petugas mengangkut kardus berisi surat suara yang akan didistribusikan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Gudang Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, di Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/6/2018). - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA — Pemilu kepala daerah di Jawa Barat dinilai akan menyajikan pertarungan sengit dua dari empat kandidat dengan tingkat elektabilitas tertinggi yaitu Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dan Deddy Mizwarr-Dedi Mulyadi.

Kendati demikian, Direktur Program Saiful Mujani Reseach and Consulting Sirojudin Abbas menilai pasangan Ridwan Kamil dan UU Ruzhanul Ulum paling memiliki peluang besar untuk menang.

Dari riset yang dilakukan pihaknya pada 22 Mei hingga 1 Juni 2018 pilihan melalui simulasi kertas suara, pasangan Ridwan Kamil-UU Ruzhanul Ulum unggul dengan capaian 43,1%. Adapun Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 34,1%.

Sedangkan pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu 7,9% dan Hasanuddin-Anton Charliyan 6,5%. Sisanya, sekitar 8,4% menyatakan tidak tahu atau merahasiakan pilihannya.

“Yang paling mungkin menang itu dua-duanya masih berpeluang [Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dan Deddy Mizwarr-Dedi Mulyadi]. Cuma lebih besar mana peluangnya menurut saya Ridwan Kamil,” ujarnya, Jumat (22/6/2018).

Abbas menyebutkan memang ada jarak waktu sekitar satu bulan kurang dari riset yang dilakukan pihaknya menuju pelaksanaan kontestasi pemilu kepala daerah serentak 2018 pada 27 Juni. Pada kurun tersebut, keempat calon masih berpeluang mengambil simpati masyarakat.

Akan tetapi, cukup sulit untuk menggeser elektabilitas kedua pasangan calon tersebut yang memang sudah tinggi.

Di sisi lain, peluang menang Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dinilai besar bukan tanpa alasan. Saiful Mujani Research and Consulting memetakan Jawa Barat menjadi enam wilayah pemilihan.

Dari jumlah itu, pasangan Ridwan Kamil unggul di lima wilayah. Sedangkan satu wilayah lainnya dikuasai pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

“Karena dia [Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum] sudah leading. Dari enam wilayah hanya kalah satu wilayah,” ujarnya.

Adapun enam wilayah tersebut adalah:

  • Zona 1 terdiri dari Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten bandung, Kabupaten Bandung Barat
  • Zona 2 meliputi Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi
  • Zona 3 Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Depok, Kota Bekasi
  • Zona 4 Kabupaten Bekasi, Karawang, Purwakarta
  • Zona 5 Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Indramayu, Majalengka, Subang, Sumedang
  • Zona 6 Ciamis, Garut, Kuningan, Pangandaran, Banjar, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya

Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum unggul di Zona 1, 2, 3, 5 dan 6 dengan masing-masing persentase pemenangan 54%, 41%, 38%, 44% dan 47%. Adapun di zona 4 Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi unggul dengan 48%.

“Faktor penguasaan wilayah sudah unggul di lima zona dari enam wilayah. Kalau kita lihat pendukung lemah Ridwan Kamil lebih kecil dibandingkan dengan jumlah pendukung lemah Deddy Mizwar,” imbuhnya.

Tag : Pilgub Jabar 2018
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top