SMRC Perkirakan Pilkada Aman, Tak Ada Mobilisasi Opini Terkait SARA

Saiful Mujani Research and Consulting optimistis pemilu kepala daerah serentak 2018 secara umum akan berjalan aman
Lingga Sukatma Wiangga | 22 Juni 2018 20:29 WIB
Pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saiful Mujani (kanan) menjelaskan hasil survei lembaganya disaksikan Guru Besar UI Tamrin Amal Tomagola (kiri) dan Rais Syuriyah PBNU Masdar Farid Mas'udi (tengah) saat rilis hasil survei terkait NKRI dan ISIS di Jakarta, Minggu (4/6). - Antara/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA — Saiful Mujani Research and Consulting optimistis pemilu kepala daerah serentak 2018 secara umum akan berjalan aman.

Menurut Direktur Program Saiful Mujani Reseach and Consulting Sirojudin Abbas salah satu indikatornya adalah tidak adanya mobilisasi opini berdasarkan sentiment politik identitas.

“Sejauh ini kami belum melihat ada indikasi yang menghawatirkan. Misalnya ada mobilisasi opini berdasarkan sentimen SARA misalnya kaya di Jakarta. Sejauh ini kami belum lihat,” ujarnya, Jumat (22/6).

“Sampai saat ini kami masih optimistis dalam studi kami tidak menemukan indikasi risiko konflik yang mengkhawatirkan. Kalau perang opini atau ledek-ledekan saya kira normal,” lanjutnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla pun optimistis pesta demokrasi tersebut akan berjalan aman. Alasannya tidak adanya poros nasional.

Seperti diketahui, tidak ada koalisi di tataran nasional dari sejumlah partai tertentu yang dijewantahkan pula dengan gabungan beberapa partai yang sama di daerah. Artinya, koalisi di satu daerah akan berisi partai yang berbeda dengan daerah lainnya.

Tag : Pilkada Serentak
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top