MUDIK LEBARAN 2018: Menteri Siti Nurbaya Canangkan Patroli Sampah di Jalur Mudik

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama PT Jasa Marga Tbk., pemda dan Kepolisian menggelar patroli sampah bersama di jalur mudik pada Lebaran 2018.
Hendra Wibawa | 18 Juni 2018 13:09 WIB
Sampah berserakan di pinggir jalan tol Cikopo-Palimanan Km 88, Jawa Barat, Kamis (22/6). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama PT Jasa Marga Tbk., pemda dan Kepolisian menggelar patroli sampah bersama di jalur mudik pada Lebaran 2018.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan patroli sampah itu sekaligus melakukan edukasi pemudik terutama yang menggunakan jalur darat untuk ramah lingkungan.

“Tujuan edukasi mengajak masyarakat ikut mengelola sampah secara benar. Polanya tim KLHK bersama tim Jasa Marga, serta tim Dinas LH bersama-sama dalam patroli di jalur mudik,” katanya dalam siaran pers, Senin (18/6/2018).

Dia juga telah menugaskan Direktur Jenderal Pengolahan Sampah Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK Rosa Vivien Ratnawati mengawal langsung patroli sampah di lapangan. Selain patroli sampah, tim dari KLH juga berkoordinasi dengan Polres, Dinas LH dan Jasa Marga.

Siti Nurbaya mencatat perlunya patroli sampah bersama di sepanjang jalan tol yang dilalui pemudik. Catatan itu merupakan hasil peninjauan ke beberapa rest area jalan tol Jakarta-Cikampek pada H-2 Idulfitri.

“Koordinasi terus dilakukan Dirjen dan Direktur. Patroli sampah bersama akan dilaksanakan pada tempat-tempat rest area dan juga sepanjang jalan tol pada lokasi-lokasi spontan tempat masyarakat berhenti dan istirahat,” kata Siti.

Dia mengharapkan pola itu terus dilakukan secara konsisten, dengan harapan perlahan bisa membentuk budaya bersih di kalangan masyarakat. Terlebih lagi, paparnya, pemerintah membutuhkan dukungan serius untuk mewujudkan target ambisius Indonesia bebas sampah 2020.

Menurutnya, kesadaran dan upaya 3R (Reduce, reuse, recycle/pembatasan, guna ulang, dan daur ulang) patut ditingkatkan di masyarakat. “Hal ini penting sekali untuk bisa merefleksikan bahwa kita bisa punya budaya yang lebih baik, budaya bersih dan sehat,” ujarnya.

Tag : Mudik Lebaran 2018
Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top