Comcast dan Disney Berebut Saham 21st Century Fox

Dua perusahaan media terbesar di Amerika Serikat, Comcast Corp dan Walt Disney Co tengah beradu kuat untuk merebut mayoritas aset milik Twenty-First Century Fox.
M. Nurhadi Pratomo | 14 Juni 2018 14:13 WIB
Walt Disney - ilustrasi

Bisnis.com,JAKARTA—  Dua perusahaan media terbesar di Amerika Serikat, Comcast Corp dan Walt Disney Co tengah beradu kuat untuk merebut mayoritas aset milik Twenty-First Century Fox.

Chief Executive Comcast Brian Roberts mengatakan sangat yakin regulator akan memberikan jalan baginya untuk memeroleh sebagian besar aset media Fox. Hal tesebut menyusul kemenangan pengadilan AT&T Inc yang memungkinkan Comcast membeli Time Warner Inc seharga US$85 miliar. 

Dilansir melalui Reuters, Comcast menawarkan US$65 miliar untuk menjauhkan kemungkinan Twenty-First Century Fox melakukan merger dengan Walt Disney. Penawaran yang diberikan oleh Comcast lebih tinggi 20% dari Walt Disney.

Comcast menawar dengan US$35 per lembar untuk saham Fox pada sesi penutupan perdagangan, Rabu (13/6/2018) waktu setempat. Sementara itu, Disney melakukan penawaran US$29,18 per lembar saham.

“Kunci utama dari persaingan ini adalah harga dan siapa yang paling menginginkannya,” ujar Paul Sweeney, Analis Bloomberg Intelligence, dilansir melalui Bloomberg, Kamis (14/6/2018). 

Manajemen Fox disebut harus segera memutuskan apakah tawaran Comcast mengalahkan Disney. Apabila lebih memilih tawaran Comcast maka Fox harus memiliki waktu sebanyak lima hari untuk merespons.

Comcast berharap dapat memimpin gelombang perusahaan media tradisional dengan menggabungkan distribusi dan produksi untuk bersaing dengan Netflix Inc dan Alphabet Inc. Keduanya menjalankan bisnis produksi konten secara langsug melalui saluran daring kepada konsumen serta iklan bertarget yang menguntungkan.

Sementara itu, pemegang saham Fox sebelumnya dijadwalkan akan melakukan pemungutan suara terkait tawaran Disney pada Juli 2018. Akan tetapi, pertemuan tersebut dapat ditunda.

 

 

 

Tag : media, disney
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top