Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Memang Beda, Pesawat Kuno Ilyushin 62M yang Antar Kim Jong-un ke Singapura

Minggu (10/6/2018) Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tiba di Singapura untuk melaksanakan pertemuan tingkat tinggi dengan Presiden AS Donald Trump pada Selasa (12/6/108).
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh - Bisnis.com 11 Juni 2018  |  14:11 WIB
Memang Beda, Pesawat Kuno Ilyushin 62M yang Antar Kim Jong-un ke Singapura
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menggunakan pesawat Ilyushin 62M meunuju Singapura - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Minggu (10/6/2018) Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tiba di Singapura untuk melaksanakan pertemuan tingkat tinggi dengan Presiden AS Donald Trump pada Selasa (12/6/108).

Kim tiba di Negeri Singa tersebut dengan menggunakan pesawat kuno yaitu Ilyushin 62M.

Dilansir dari situs www.abc.net.au, Senin (11/6/2018), Ilyushin 62M adalah pesawat jet kenegaraan Korea Utara yang bisa dikatakan sudah cukup berumur. Jet Ilyushin 62M dibuat oleh Uni Soviet pada 1960-an dan terakhir diproduksi pada 1990-an.

Saat pertama kali diterbangkan pada 1963, pesawat ini dikatakan sebagai pesawat jet terbesar di dunia. Panjangnya lebih dari 50 Meter dan bisa mengakut 200 penumpang.

Pesawat ini sudah terbilang langka, karena sudah jarang digunakan di seluruh dunia.

Ilyushim bisa terbang sejauh 10.000 kilometer. Jelas, karena ini pesawat jet kuno untuk mesin pesawat dan sistem komunikasi sudah pasti tidak bisa dibandingkan dengan pesawat pesawat jet yang diproduksi pada saat ini.

Dan jika pesawat ini membawa barang-barang berat, dan membuat isi pesawat jadi penuh, maka perjalanan jauh pun mungkin tidak akan bisa dilangsungkan. Ilyushin 62 M mungkin harus transit beberapa kali untuk mengisi bahan bakar di sepanjang perjalanan yang ditempuh.

Operator pesawat nasional Korea Utara Air Koryo adalah salah satu dari sedikit maskapai penerbangan yang masih memiliki Ilyushin 62M. Sayangnya, maskapai penerbangan ini tidaklah memiliki reputasi penerbangan yang cemerlang.

Pada 2016, organisasi konsultan kedirgantaraan Skytrax menjadikan Air Koryo sebagai maskapai terburuk di dunia berdasarkan pelayanan dan kualitas produk mereka.

Selain itu, sejumlah maskapai penerbangan di Afrika atau negara-negara bekas Uni Soviet juga masih menggunakan atau memiliki pesawat jet Ilyushin 62M.

Meski sudah kuno, interior di dalam pesawat jet Ilyushin 62M yang juga pernah mengantarkan Kim jong-un dalam pertemuannya dengan Presiden China, Xi Jinping, ini sudah dimodifikasi lebih modern, sehingga Kim jong-un dipastikan tetap nyaman dalam perjalanan kenegaraannya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korut Donald Trump
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top