Siapakah SPL Sorensen yang Ditampilkan Google Doodle Hari Ini?

Google Doodle hari ini menampilkan Soren Peder Lauritz Sorensen. Siapakah dia?
Annisa Margrit | 29 Mei 2018 09:21 WIB
SPL Sorensen dalam Google Doodle.

Bisnis.com, JAKARTA -- Google Doodle hari ini menampilkan Soren Peder Lauritz Sorensen. Siapakah dia?

Sorensen adalah seorang kimiawan asal Denmark, yang dikenal karena membuat konsep pH yaitu skala untuk mengukur tingkat keasaman dan alkalinitas. Padahal, awalnya dia lebih tertarik bekerja di bidang medis.

Dilansir dari The Independent, Selasa (29/5/2018), Sorensen lahir di Havrebjerg pada 1868 dan belajar di Universitas Kopenhagen pada usia 18 tahun. Sembari belajar, dia juga bekerja untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Sorensen sempat bekerja sebagai asisten di laboratorium kimia Danish Polytechnic Institute dan menjadi asisten dalam survei geologi Denmark. Selain itu, dia juga pernah bekerja menjadi konsultan di dermaga milik Angkatan Laut Denmark.

Sorensen bekerja sebagai direktur departemen kimia di Carlsberg Laboratory di Kopenhagen pada 1901-1938. Laboratorium tersebut didirikan oleh pendiri produsen bir Carlsberg, JC Jacobsen, dengan tujuan mengembangkan pengetahuan biokimia terutama dalam hal pembuatan bir.

Di sinilah dia menemukan konsep pH tersebut, tepatnya pada 1909--yang sekarang digunakan secara luas di berbagai bidang, termasuk medis, pengolahan air, dan kimia.

Sorensen meninggal pada 12 Februari 1939. Hampir sepanjang karir profesionalnya, dia dibantu istri keduanya yaitu Margrethe Hoyrup Sorensen, yang juga seorang ilmuwan. 

Mereka berdua bekerja di Carlsberg Laboratory dan meneliti lipoprotein serta kompleksitas karbon monoksida dan hemoglobin.

 

Tag : google doodle
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top