Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siapakah SPL Sorensen yang Ditampilkan Google Doodle Hari Ini?

Google Doodle hari ini menampilkan Soren Peder Lauritz Sorensen. Siapakah dia?
SPL Sorensen dalam Google Doodle.
SPL Sorensen dalam Google Doodle.

Bisnis.com, JAKARTA -- Google Doodle hari ini menampilkan Soren Peder Lauritz Sorensen. Siapakah dia?

Sorensen adalah seorang kimiawan asal Denmark, yang dikenal karena membuat konsep pH yaitu skala untuk mengukur tingkat keasaman dan alkalinitas. Padahal, awalnya dia lebih tertarik bekerja di bidang medis.

Dilansir dari The Independent, Selasa (29/5/2018), Sorensen lahir di Havrebjerg pada 1868 dan belajar di Universitas Kopenhagen pada usia 18 tahun. Sembari belajar, dia juga bekerja untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Sorensen sempat bekerja sebagai asisten di laboratorium kimia Danish Polytechnic Institute dan menjadi asisten dalam survei geologi Denmark. Selain itu, dia juga pernah bekerja menjadi konsultan di dermaga milik Angkatan Laut Denmark.

Sorensen bekerja sebagai direktur departemen kimia di Carlsberg Laboratory di Kopenhagen pada 1901-1938. Laboratorium tersebut didirikan oleh pendiri produsen bir Carlsberg, JC Jacobsen, dengan tujuan mengembangkan pengetahuan biokimia terutama dalam hal pembuatan bir.

Di sinilah dia menemukan konsep pH tersebut, tepatnya pada 1909--yang sekarang digunakan secara luas di berbagai bidang, termasuk medis, pengolahan air, dan kimia.

Sorensen meninggal pada 12 Februari 1939. Hampir sepanjang karir profesionalnya, dia dibantu istri keduanya yaitu Margrethe Hoyrup Sorensen, yang juga seorang ilmuwan. 

Mereka berdua bekerja di Carlsberg Laboratory dan meneliti lipoprotein serta kompleksitas karbon monoksida dan hemoglobin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper