AS Tidak Akan Tarik Pasukan dari Suriah Sebelum Tiga Hal Ini Tercapai

Amerika Serikat memberi isyarat akan bertahan lama di Suriah. Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley menyatakan pasukan militer negaranya tidak akan ditarik dari Suriah sebelum tiga tujuan serangan tercapai.
John Andhi Oktaveri | 16 April 2018 12:19 WIB
Anggota pasukan Suriah memadamkan api di bagian dalam Pusat Riset Sains di Damaskus yang luluh lantak, 14 April 2018. - Reuters/Omar Sanadiki

Bisnis.com, JAKARTA—Amerika Serikat memberi isyarat akan bertahan lama di Suriah. Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley menyatakan pasukan militer negaranya tidak akan ditarik dari Suriah sebelum tiga tujuan serangan tercapai.

Menurut Haley, tiga tujuan AS adalah pertama memastikan senjata kimia tidak digunakan oleh Pemerintah Suriah dengan cara apa pun karena hal itu berisiko terhadap kepentingan AS. Sedangkan tujuan berikutnya adalah melumpuhkan kekuatan milisi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang tersisa.

Selain kedua tujuan itu Haley menyatakan pasukannya tidak akan pulang dari Suriah sebelum mengetahui peran Iran dan apa yang dilakukan di Suriah.

"Itulah tujuan kami sebelum melihat pasukan AS pulang. Kami tidak akan pulang sampai kami tahu kami telah menyelesaikan tugas tersebut dengan baik," ujar Haley di stasiun televisi Fox sebagaimana dikutip Aljazeera.com, Senin (16/4/2018).

Dalam sesi wawancara lainnya Haley mengatakan bahwa AS tengah menyiapkan sanksi baru untuk Rusia karena negara tersebut terus memberi bantuan kepada Suriah.

Sanksi itu akan diumumkan oleh Menkeu AS Steven Mnuchin hari ini, ujar Haley di stasiun televisi CBS.

"Sanksi itu akan diarahkan ke perusahaan yang terkait dengan bantuan pengadaan senjata kimia di Suriah," ujarnya.

Haley juga menyatakan AS tidak bersedia untuk melakukan pertemuan langsung antara Presiden Assad dan Donald Trump terkait persoalan krisis di Suriah.

Tag : suriah
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top