Demonstrasi Sukmawati, Pendemo Kumandangkan Adzan di Bareskrim

Demonstrasi Sukmawati, Pendemo Kumandangkan Adzan di Bareskrim
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 April 2018  |  14:54 WIB

Kabar24.com, JAKARTA - Massa yang berunjuk rasa mendesak kepolisian menuntaskan penanganan perkara terkait puisi Sukmawati Soekarnoputri "Ibu Indonesia", yang dianggap menyinggung pemeluk Islam, memadati kantor Badan Reserse Kriminal Polri di Jalan Medan Merdeka Timur Jakarta, Jumat siang, dan mengumandangkan azan dalam aksi mereka.

"Mari kita dengarkan azan yang disebut-sebut tidak semerdu kidung oleh Sukmawati," kata salah satu orator menggunakan pengeras suara.

Seusai azan dikumandangkan, para pendemo memekikkan takbir "Allahu Akbar!". Sesudahnya seorang demonstran melantunkan ayat-ayat dari kitab suci Alquran.

Para pengunjuk rasa menilai puisi Sukmawati Soekarnoputri menghina Islam karena membandingkan konde dengan cadar, dan kidung dengan azan.

Setelah salat Jumat di Masjid Istiqlal, mereka bergerak menuju Bareskrim, memadati Jalan Medan Merdeka Timur dari kedua arah. Di antaranya ada yang membawa atribut dan panji-panji organisasi massa Islam seperti Front Pembela Islam, Laskar Pembela Islam dan Persaudaraan Muslimin Indonesia.

Sejumlah pengendara yang melewati jalan tersebut, terutama dari arah Masjid Istiqlal, terpaksa berbalik arah. Pengendara dari arah Patung Pak Tani juga memilih berbelok ke Jalan Medan Merdeka Selatan.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
puisi

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top