Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pencarian MH370 : Laporan Penyelidikan Diumumkan Setelah Pencarian Terakhir Selesai

Pesawat MH370 membawa 239 orang menjadi salah satu misteri penerbangan terbesar di dunia saat hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing pada 8 Maret 2014.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 Maret 2018  |  13:41 WIB
Tragedi jatuhnya Malaysia Airlines MH370 - Bisnis.com
Tragedi jatuhnya Malaysia Airlines MH370 - Bisnis.com

Kabar24.com, KUALA LUMPUR - Malaysia terus berupaya menelusuri keberadaan pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang empat tahun lalu.

Laporan penyelidikan penuh mengenai Malaysia Airlines MH370 akan diumumkan setelah pencarian terkini berakhir, kata pejabat Malaysia, Kamis (8/3/2018).

Pesawat MH370 membawa 239 orang menjadi salah satu misteri penerbangan terbesar di dunia saat hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing pada 8 Maret 2014.

Malaysia pada Januari menyetujui membayar perusahaan Amerika Serikat, Ocean Infinity, hingga 70 juta dolar AS jika menemukan pesawat tersebut dalam pencarian lepas pantai dan diperkirakan berakhir pada Juni.

Keputusan melibatkan perusahaan tersebut terjadi setelah Australia, China dan Malaysia mengakhiri pencarian senilai 200 juta dolar Australia (1,5 triliun rupiah lebih) tanpa hasil di wilayah seluas 120 ribu kilometer persegi di Samudera Hindia pada tahun lalu. Saat itu penyidik sempat meminta daerah sasaran diperluas hingga 25.000 kilometer persegi ke arah utara.

Perilisan laporan lengkap hilangnya MH370 telah dihentikan sementara menunggu hasil pencarian baru tersebut. Setiap bukti baru yang ditemukan berkemungkinan besar mempengaruhi penyelidikan. Demikian menurut periset Malaysia dalam pernyataan tahunan sementara yang dikirim ke keluarga korban yang berada di pesawat tersebut.

"Jika pesawat ditemukan, tim akan melakukan penyelidikan lebih lanjut," ujar pernyataan, yang dilihat Reuters dan akan disiarkan di depan umum pada Kamis ini.

"Jika pesawat tidak ditemukan dan sebuah keputusan dibuat untuk menghentikan pencarian, tim akan melanjutkan penyelesaian laporan dan merilisnya bulan depan," tambah pernyataan tersebut.

Beberapa puing pesawat ditemukan di kepulauan Samudera Hindia dan di sepanjang pantai timur Afrika. Upaya untuk mencari lebih banyak lagi puing sedang berlangsung.

Tiga patahan sayap dikonfirmasi berasal dari pesawat yang hilang. Potongan lainnya, termasuk beberapa potongan dalam kabin, ditentukan "hampir pasti" dari MH370, menurut para peneliti.

Pejabat Malaysia bekerja sama dengan pihak berwenang Australia merundingkan rencana untuk memperoleh kembali puing-puing Boeing Co 777 maupun perekam data penerbangan, jika pesawat tersebut ditemukan.

Perdana Menteri Najib Razak menegaskan kembali komitmen Malaysia untuk menemukan pesawat tersebut.

"Kami mendorong komunitas penerbangan global untuk mengambil tindakan agar langit kita lebih aman," katanya dalam Twitter resminya pada Kamis.

Kapal Seabed Constructor telah menjangkau 16.000 kilometer persegi, namun belum mendapatkan temuan penting, demikian Ocean Infinity dalam pembaruan pencarian mingguannya pada Selasa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

MH370

Sumber : Antara/Reuters

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top