Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mark Zuckerberg Jual Saham Facebook Hampir US$500 Juta Pada Februari

CEO Facebok Mark Zuckerberg diketahui menjual saham Facebook bernilai hampir US$500 juta pada Februari, untuk mendanai organisasi filantropinya, Chan Zuckerberg Initiative (CZI).
CEO Facebook Mark Zuckerberg/Reuters
CEO Facebook Mark Zuckerberg/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA – CEO Facebok Mark Zuckerberg diketahui menjual saham Facebook bernilai hampir US$500 juta pada Februari, untuk mendanai organisasi filantropinya, Chan Zuckerberg Initiative (CZI).

Langkah ini sendiri bukanlah hal mengejutkan, karena menjadi bagian dari rencana Zuckerberg mempercepat penjualan saham untuk mendanai inisiatif sosial tersebut yang ia dirikan pada Desember 2015 bersama istrinya, Priscilla Chan.

Pengarsipan pada Kamis (1/3) menunjukkan bahwa Zuckerberg menjual 685.000 saham senilai US$125,4 juta dalam tiga hari terakhir bulan Februari.

Dengan demikian, total penjualannya pada Februari menjadi sekitar 2,7 juta saham senilai US$482,2 juta, menurut perhitungan Reuters.

“Penjualan ini adalah langkah berikutnya dalam proses yang ditetapkan Mark pada bulan September untuk mendanai Chan Zuckerberg Initiative dalam hal ilmu pengetahuan, pendidikan, dan isu-isu yang berkaitan dengan keadilan dan kesempatan,” jelas juru bicara CZI kepada Reuters.

“Dana tersebut akan digunakan untuk mendukung berbagai kegiatan dan operasi filantropi CZI untuk bertahun-tahun mendatang,” tambahnya, seperti dikutip CNBC.

Pada September 2017, Zuckerberg menyatakan akan menjual 35 juta sampai 75 juta saham Facebook selama 18 bulan ke depan. Jumlah itu akan setara dengan nilai hingga US$13 miliar, berdasarkan harga saham Facebook saat ini.

Miliarder ternama di Silicon Valley tersebut sebelumnya mengatakan akan mendonasikan 99% saham Facebook-nya ke CZI atau senilai sekitar US$45 miliar saat inisiatif tersebut dibentuk.

Menurut situs teknologi Recode, Zuckerberg menjual saham Facebook bernilai sekitar US$1,6 miliar pada 2016 dan 2017.

Organisasi filantropi yang didirikan pasangan ini serupa dengan yang dibentuk oleh pendiri Microsoft Bill Gates dan istrinya Melinda Gates, serta Yayasan Buffett, yang dibentuk oleh miliarder Warren Buffett.

Secara khusus, CZI berkonsentrasi pada tiga bidang yakni meningkatkan pendidikan, memajukan ilmu pengetahuan, serta memperjuangkan keadilan dan kesempatan.

“Keajaiban teknologi adalah dapat membantu perubahan skala sosial lebih cepat. Kami berada dalam posisi unik untuk membangun filantropi dengan tim teknik yang hebat untuk membantu rekan-rekan kami memperbaiki perubahan sosial mereka lebih cepat juga,” terang Zuckerberg dan Chan dalam suatu kesempatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper