Panglima TNI: Pramuka Mitra Tentara Nasional Indonesia

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengapresiasi capaian kerja Kwarnas Gerakan Pramuka di tengah segala keterbatasannya. Pihaknya siap mendukung kegiatan Gerakan Pramuka, karena Pramuka baginya adalah mitra kerja yang harus terus diperkuat peranannya.
Sutarno | 19 Februari 2018 23:11 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengapresiasi capaian kerja Kwarnas Gerakan Pramuka di tengah segala keterbatasannya. Pihaknya siap mendukung kegiatan Gerakan Pramuka, karena Pramuka baginya adalah mitra kerja yang harus terus diperkuat peranannya.

"Pramuka ini mitra kerja TNI, sama-sama perekat NKRI. Jadi, bagaimana pun kita harus dukung dan perkuat perannya," ujar Panglima TNI seperti dilansir siaran pers Kwarnas Gerakan Pramuka.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan hal tersebut seusai menerima kunjungan jajaran pengurus Kwarnas Gerakan Pramuka di Mabes TNI  Cilangkap, Jakarta Timur Senin (19/2/2018).

Menurut Hadi, tidak perlu diragukan lagi Pramuka harus diperkuat peranannya, karena sejak awal organisasi kepanduan ini memiliki tujuan yang sama yaitu menjaga keutuhan NKRI dan Pancasila. Komitmen itu tercermin dari sistem pendidikan yang diterapkan di Pramuka sampai tahap kegiatannya di lapangan.

"Di dalam kesatuan TNI kita juga sudah punya Satuan Kerja (Saka) Pramuka. Ini artinya TNI dan Pramuka sudah satu nafas," jelasnya.

Saka di TNI yakni Saka Dirgantara dari TNI Angkatan Udara, Saka Bahari dari TNI Angkatan Laut, dan Saka Wirakartika dari TNI Angkatan Darat. Saka Gerakan Pramuka di TNI semua sudah terbentuk, dan terus berkolaborasi mengadakan kegiatan positif kaitannya dengan bela negara. "Saya sendiri dulu pernah aktif di Pramuka sampai penegak," jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka  Adhyaksa Dault memaparkan kegiatan yang sudah dilakukan Kwarnas Gerakan Pramuka.  Di antaranya, Jambore Nasional, Raimuna Nasional, Lomba Tingkat V, Perkemahan Pramuka Putri Tingkat Nasional, dan juga kegiatan Pramuka Peduli baik di dalam maupun luar negeri.

Adhyaksa juga menyinggung peran Pramuka di media sosial. Di masa kepemimpinannya, Kwarnas Gerakan Pramuka membuat tagline "Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita." Bahkan pihaknya sudah merumuskan dan mensosialisasikan 10 Tugas Pramuka di Media Sosial yang salah satu poinnya adalah Pramuka wajib menjaga keutuhan NKRI.

"Membela dan mengamalkan Pancasila, NKRI, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, serta merawat harmoni dan solidaritas antarwarga di media sosial adalah salah satu poin dalam 10 Tugas Pramuka di Media Sosial yang wajib ditaati," jelas  Adhyaksa.

Adhyaksa Dault juga menyampaikan, Kwarnas Gerakan Pramuka akan mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Cisarua, Bogor, Jawa Barat, pada Jumat, 23 Februari 2018. Adhyaksa menyampaikan harapannya kepada Panglima TNI agar bisa hadir di acara pembukaan Rakernas.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault, Sesjen Kwarnas Rafly Effendi, Bendahara Kwarnas Bagas Adhadirgha, Waka Kwarnas Bidang BUMGP Ridjal J. Kotta, Waka Kwarnas Bidang Binawasa Susi Yuliati, Waka Kwarnas Bidang Orgakum Kodrat Pramudho, dan Waka Kwarnas Bidang Renbangma Marbawi.

Tag : pramuka
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top