Gunung Sinabung Meletus Lagi, Sutopo: Disertai Suara Gemuruh

Gunung Sinabung Meletus Lagi, Sutopo: Disertai Suara Gemuruh
Andhika Anggoro Wening | 19 Februari 2018 11:43 WIB
Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik terlihat dari Desa Guru Singa, Karo, Sumatra Utara, Selasa (21/2). - Antara/Tibta Peranginangin

Kabar24.com, JAKARTA - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo meletus pada Senin pukul 08.53 WIB, letusannya lebih besar dari erupsi sebelumnya menurut petugas Pengamat Gunung Sinabung di Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) M Nurul Saori.

Letusan pertama pukul 08.53 WIB cukup kuat sehingga memunculkan semburan awan panas hingga 5.000 meter lebih, lalu disusul beberapa erupsi dengan intensitas lebih rendah menurut Nurul.

"Alat ukur kita sempat error karena cukup tinggi," kata Nurul mengenai letusan pertama Gunung Sinabung.

Semburan awan panas akibat erupsi gunung api tersebut menyebar hingga 4,9 km ke arah selatan dan 3,5 km ke arah timur dan tenggara gunung. Sementara debu vulkaniknya terbang ke arah dan barat sesuai arah tiupan angin saat itu.

Meski erupsinya cukup besar, PVMBG tidak mencatat adanya penambahan pengungsi atau korban.

"Situasinya masih aman karena areanya telah steril."

Kepala Humas BNPB Sutopo juga menjelaskan letusan Gunung Sinabung disertai suara gemuruh dengan ketinggian abu mencapai 5.000 meter.

"Gunung Sinabung meletus pagi ini dengan tinggi kolom abu mencapai kurang lebih 5.000 m disertai suara gemuruh dan disertai awan panas dengan jangkauan ke arah timur laut sejauh 3.500 m dan ke arah selatan sejauh 4.900 m. Tidak ada korban jiwa," kata Sutopo menjelaskan.

Tag : gunung sinabung
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top