Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesaing Uber Ini Sasar Pasar Taiwan

Didi, perusahaan layanan transportasi China sekaligus pesaing Uber, menjadikan Taiwan sebagai sasaran ekspansi dengan menggandeng perusahaan lokal.
Taksi online/Antara
Taksi online/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Didi, perusahaan layanan transportasi China, menjadikan Taiwan sebagai sasaran ekspansi.

Perusahaan beridentitas lengkap Didi Chuxing itu berencana beroperasi hanya sebagai platform pemanggil taksi di Taiwan. Bloomberg melaporkan Selasa (19/12/2017), Didi tengah merekrut para pengemudi taksi eksisting lewat akun Facebook perusahaan.

Bisnis di Taiwan dijalankan lewat sistem waralaba, di mana perseroan telah menunjuk LEDI Technology Co. sebagai mitra yang menjadi franchisee. "LEDI sedang melakukan riset pasar dan mengeksplorasi berbagai kemitraan komunitas di Taiwan. Belum ada timeline yang definitif saat ini," terang Didi dalam pernyataan resminya.

Berbeda dengan perusahaan lain yang juga menawarkan layanan serupa yaitu Uber Technologies Inc., Didi lebih banyak berkonsentrasi memperkuat bisnisnya di dalam negeri. Perusahaan yang berbasis di Beijing itu memiliki valuasi US$50 miliar dan telah mendapatkan suntikan dana senilai US$5,5 miliar pada awal 2017.

Sementara itu, Uber sudah berkembang di berbagai negara walaupun tetap tidak mampu mengalahkan Didi di pasar China. Uber juga sempat berhenti beroperasi di Taiwan pada Februari 2017 lantaran keberatan dari pemerintah serta operator taksi lokal. Namun, sekarang layanannya sudah kembali berjalan setelah sepakat untuk bekerja sama dengan perusahaan taksi setempat.

Taiwan menerapkan denda untuk transportasi penumpang ilegal, dengan besaran mencapai 25 juta Taiwan dolar atau setara dengan US$834.000. Pada Januari 2017 saja, Uber telah dikenai denda sebesar 1,1 miliar Taiwan dolar.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper