Densus 88 Tangkap Teroris Kiki di Malang

Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menangkap Kiki Rizky (41) terduga teroris di Jalan Yulius Usman, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (9/12/2017) pukul 09.31 WIB.
Newswire | 09 Desember 2017 17:04 WIB
Densus 88 tangkap terduga teroris - Antara/Maulana Surya

Kabar24.com, MALANG - Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menangkap Kiki Rizky (41) terduga teroris di Jalan Yulius Usman, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (9/12/2017) pukul 09.31 WIB.

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera di Surabaya, Sabtu (9/12/2017) membenarkan penangkapan tersebut dan mengatakan terduga teroris itu sudah diperiksa di Mako Brimob Ampeldento Malang.

"Kiki merupakan kelompok jaringan Abu Jandal dan bergabung dengan ISIS di Suriah sebagai FTF dan sudah mengikuti Tadrib Askari dan Ribath," kata Barung.

Kiki Rizky alias Rizky Al Baiti alias Kiki alias Abu Ukasah berangkat ke Suriah pada sekitar tahun 2013.

Dia ke Suriah berangkat dari Malang bersama dengan Abdul Hakim naik pesawat, kemudian bertemu dengan rombongan yang lain di Jakarta salah satunya adalah Salim Mubarok alias Abu Jandal.

Dari hasil pemeriksaan, kata Barung, dia berangkat ke Suriah setelah sering mengikuti kajian dari Andry Kurniawan di Masjid Al Ghifary, Malang.

Pada saat mengikuti kajian bertemu dengan Salim Mubarok alias Abu Jandal dan oleh Abu Jandal ditawari untuk berangkat ke Suriah.

"Maksud dan tujuan ke Suriah sebagai pekerja sosial untuk membantu korban perang," tutur Barung.

Saat sampai di Suriah tidak sesuai keinginan karena ingin membantu korban perang namun disuruh untuk mengikuti pelatihan militer.

Selain interogasi polisi juga memeriksa barang yang dibawa antara lain sepeda motor dan isi dompet terduga teroris.

 

Sumber : Antara

Tag : teroris
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top