562 Nelayan di Gianyar Miliki Kartu Asuransi

Kini 562 nelayan di Kabupaten telah memiliki kartu asuransi nelayan yang diberikan secara gratis dari Kementerian Kelautan dan Perikanan
Ema Sukarelawanto | 29 November 2017 18:00 WIB
Nelayan - JIBI/Paulus Tandi Bone

Kabar24.com, DENPASAR--Kini 562 nelayan di Kabupaten telah memiliki kartu asuransi nelayan yang diberikan secara gratis dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten Gianyar Dewi Hariani mengatakan jumlah nelayan di wilayah ini tercatat 739 orang. 

"Jadi masih ada 177 nelayan yang belum memili kartu nelayan, saya mengimbau agar segera mengurus dengan menyerahkan data yang telah ditentukan," katanya, Rabu (29/11/2017).

Menurut Dewi penerimaan kartu asuransi ini memang secara bertahap yakni pada 2016 telah diberikan 408 kartu asuransi dan tahun ini 154 penerima. Sisanya tergantung kelengkapan data yang diserahkan nelayan.

Keuntungan memiliki kartu asuransi nelayan bisa mendapatkan  santunan jika mengalami kecelakaan saat bekerja di laut senilai Rp200 juta, jika meninggal selain kecelakaan besarnya santunan Rp160 juta‎.

Apabila mengalami kecelakaan dan memerlukan perawatan, nelayan mendapatkan santunan maksimal Rp20 juta. Khusus untuk cacat tetap besarnya santunan disesuaikan dengan tingkat kecacatan yang diderita.

Dia berharap nelayan yang belum mendapatkan kartu asuransi agar segera memproses. "Ini program pemerintah, silakan dimanfaatkan sebaik-baiknya," katanya.

Dewi menambahkan dia pekerjaan nelayan yang penuh dengan risiko diperlukan proteksi agar mereka bisa bekerja lebih tenang dan diharapkan bisa memacu produktivitas. 

Nelayan tak memerlukan biaya untuk mendapatkan kartu asuransi, karena telah ditanggung pemerintah melalui program Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kata Dewi nelayan cukup menyampaikan data dan mengisi formulir. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
nelayan

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top