Gunung Agung Erupsi : Wisatawan Bisa Manfaatkan 15 Assembly Point

Wisatawan yang masih berada di Bali bisa memanfaatkan 15 assembly point yang digunakan menjadi tempat aman jika Gunung Agung tiba-tiba erupsi.
Eka Chandra Septarini | 29 November 2017 11:37 WIB
Warga negara asing berada di Terminal Internasional Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Senin (27/11). - ANTARA/Fikri Yusuf

Kabar24.com, DENPASAR – Wisatawan yang masih berada di Bali bisa memanfaatkan 15 assembly point yang digunakan menjadi tempat aman jika Gunung Agung tiba-tiba erupsi.

Dengan demikian evakuasi tidak bisa dilakukan saat itu juga.

Ketua DPD Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi (Putri) Bali I Gusti Agung Ayu Inda Trimafo Yudha mengatakan 15 assembly point itu yakni Grand Inna Bali Beach Hotel, ITDC Nusa Dua, Krisna Oleh-Oleh Sunset Road.

Selanjutnya Krisna Wisata Kuliner, Taman Ayu, Bali Bird Park, Bali Adventure Tours, Bali Safari and Marine Park, Desa Wisata Kertalangu.

Kemudian True Bali Experience, Bencingah Puri Ubud, Pod Chocolate, Taman Sari, Ubud Adventure Centre, dan Pod Chocolate Café Sunset.

Dia mengkhawatirkan, saat terjadi letusan, wisatawan akan panik sementara kondisi lalu lintas juga tidak memungkinkan untuk keluar dari lokasi bahaya.

Menurutnya, perlu ada titik kumpul yang bisa menjadi tempat istirahat selama erupsi terjadi. Nantinya, dari assembly point ini, wisatawan dapat diantarkan ke tempat yang lebih aman.

“Nanti mereka akan diberikan tempat istirahat dan konsumsi, dan itu dengan free,” sebutnya.

Menurutnya, upaya ini serupa dengan yang dilakukan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali lewat one night free serta diskon menginap. Dia berharap, wisatawan yang ada di Bali terlayani dengan baik.

“Ini memamg bukan priority, tetapi kami siap jika itu dibutuhkan untuk menambah convert wisatawan , apabila tidak memiliki hotel lagi dan airport sudah penuh,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gunung agung

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top