TARUNG MAUT ALA GLADIATOR : Siswa SMP Bogor Tewas Adu Tos-Tosan

Adu tos-tosan atau tarung ala gladiator kembali terjadi di Bogor, seorang siswa SMP menjadi korban sia-sia dari aju "jajaten" atau adu kejantanan yang tak jelas ini.
JIBI | 26 November 2017 08:31 WIB
Ilustrasi - Antara

Kabar24.com, BOGOR - Adu tos-tosan atau tarung ala gladiator kembali terjadi di Bogor, seorang siswa SMP menjadi korban sia-sia dari aju "jajaten" atau adu kejantanan yang tak jelas ini.

Kalau sebelumnya duel ala gladiator dilakukan siswa sekolah menengah atas (SMA), kini pelakunya adalah siswa sekolah menengah pertama (SMP) di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

Duel berakhir dengan tewasnya salah seorang siswa, Ahmad Raih Syahdan bin Ilyas, 16 tahun, pelajar SMP Islam Asy Syuhada Rumpin.

Kepala Polisi Sektor Rumpin Komisaris Surdin Simangunsong mengatakan peristiwa terjadi pada Jumat, 24 November 2017. Duel ala gladiator SMP di Rumpin, Bogor, dengan formasi tiga orang lawan tiga orang.

“Mereka beri istilah adu tos-Tosan atau duel gladiator,” kata Surdin, Sabtu malam, 25 November 2017.

Menurut Surdin, duel ala gladiator itu digunakan oleh siswa kedua SMP di Rumpin sebagai ajang tawuran, "Pada saat kejadian duel atau adu tos-tosan oleh siawa kedua SMP ini dilakukan oleh tiga lawan tiga," kata Surdin.

Surdin mengatakan dari keterangan FD, siswa yang diperiksa polisi, duel tiga lawan tiga ala gladiator antardua sekolah baru kali ini dan bukan tradisi tahunan. "Mereka mengaku belum pernah terjadi sebelum-sebelumnya," kata Surdin.

Namun, kata Surdin, kalau sebelumnya duel ala gladiator lebih cenderung dengan tangan kosong atau senjata yang tidak mematikan, kali ini mereka menggunakan senjata tajam. “Sehingga korban mengalami banyak luka," kata Surdin.

Ahmad Raih Syahdan yang dilarikan ke Puskesmas Rumpin tak tertolong jiwanya. Petugas medis menyatakan Raih sudah meninggal dunia karena diduga kehabisan darah akibat luka parah di sekujur tubuh.

“Berdasarkan hasil visum dari petugas Puskesmas Rumpin, sekitar Pukul 17.30 sore korban sudah meninggal dunia,” ujar Surdin.

Pada tubuh korban terdapat sejumlah luka akibat senjata tajam di bagian pinggang bagian belakang, luka sobek di pinggul, luka sobek di lengan kanan sebelah atas, luka sobek di tangan kanan sebelah bawah.

"Barang bukti yang kami sita saat ini diantaranya baju koko putih, baju sweeter warna merah maron, dan celana seragam SMP warna biru yang digunakan oleh korban," kata Surdin.

Sebelumnya duel ala gladiator terjadi antara siswa SMA terjadi di Bogor telah menewaskan Hilarius Christian Evant Raharjo, siswa kelas X SMA Budi Mulia. Hilarius dipaksa para seniornya untuk berkelahi satu lawan satu dengan pelajar dari sekolah tetangga, SMA Mardi Yuana.

Duel ala gladiartor itu diselubungi dengan pertandingan basket di lapangan Taman Palupuh di perumahan Vila Citra, Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Hilarius meninggal pada 29 Januari 2017.

Sumber : Tempo.co

Tag : pembunuhan
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top