Phinisi Hospitality Kampanye Pengurangan Sampah Plastik

Jaringan perhotelan yang berbasis di Makassar, Phinisi Hospitality kampanye pengurangan sampah plastik yang diimplementasikan aksi rill di Anjungan Losari.
Amri Nur Rahmat | 23 September 2017 10:45 WIB
Mesin Penukar Sampah plastik di Pasar Kereneng, Denpasar. - Bisnis/Feri Kristianto

Kabar24.com, MAKASSAR - Jaringan perhotelan yang berbasis di Makassar, Phinisi Hospitality kampanye pengurangan sampah plastik yang diimplementasikan aksi rill di Anjungan Losari.

CEO Phinisi Hospitality Anggiat Sinaga mengatakan, langkah tersebut merupakan salah bentuk kepedulian serta kontribusi aktif perusahaan untuk ikut mengurangi sampah plastik di Makassar maupun Tanah Air secara umum.

Adapun kegiatan yang dibalut dengan tajuk ‘Save Tumbler Day’ itu berorientasi mendorong masyarakat menggunakan botol minuman dalam menunjang aktivitas sehingga ikut pula menekan penggunaan botol atau gelas minuman sekali pakai bermaterikan plastik.

Kegiatan itu juga menyasar seluruh sampah plastik maupun organik yang ada di Kawasan Anjungan Losari Makassar yang merupakan destinasi pariwisata utama di kota tersebut.

Menurut Anggiat, karakteristik sampah berbahan plastik menjadi sasaran utama lantaran kerap menjadi keluhan masyarakat serta secara komposisi mendominasi produksi sampah kumulatif di Makassar, termasuk pada titik destinasi wisata Anjungan Losari.

"Kami juga berharap melalui kegiatan ini, bisa menggugah kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam memerangi sampah plastik. Paling tidak, membuang sampah pada tempatnya," ujar Anggiat di sela-sela kegiatan di Anjungan Losari, Sabtu (23/9/2017) pagi.

Dalam kampanye itu diikuti oleh karyawan karyawan dari lima jaringan hotel yang berada dalam naungan Phinisi Hospitality serta mendapat dukungan dari personil Marinir Lantamal VI Makassar.

Adapun dukungan Lantamal VI juga berupa 4 unit perahu karet yang kemudian digunakan untuk kegiatan pembersihan area laut di Kawasan Anjungan Losari.

Secara khusus, kata Anggiat, pemilihan Anjungan Losari sebagai titik kampanye serta pembersihan sampah plastik karena kawasan tersebut menjadi salah tolak ukur Makassar dari sisi kebersihan serta destinasi dengan arus pengunjung yang tinggi.

“Anjungan Pantai Losari ini merupakan ikon kota Makassar yang harus terus dijaga kebersihannya. Kita semua bertanggung jawab untuk membuat tempat ini menjadi kawasan yang indah dan nyaman untuk dikunjungi," paparnya.

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan rangkaian program yang diinisiasi perusahaan dengan pelaksanaan secara berkala guna mendukung program pemerintah mengurangi sampah plastik hingga 70%.

Di sisi lain, Phinisi Hispitality juga telah memberlakukan aturan wajib penggunaan botol minuman atau tumbler bagi karyawan sebagai bentuk nyata kontribusi memerangi sampah plastik.

Sekedar informasi, Phinisi memiliki lima jaringan hotel berklasifikasi bintang tiga hingga lima meliputi Dalton Makassar, Clarion Makassar, Hotel Quality, The Rinra serta Clarion Kendari.

Tag : plastik
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top