Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kloter Perdana Jemaah Haji Indonesia Tiba di Makkah

Sebanyak 387 jemaah haji Indonesia tiba di Kota Makkah setelah melakukan perjalanan hampir enam jam.
Gloria Natalia Dolorosa
Gloria Natalia Dolorosa - Bisnis.com 06 Agustus 2017  |  19:39 WIB
Kloter Perdana Jemaah Haji Indonesia Tiba di Makkah
Jemaah haji - ANTARA/Arif Firmansyah

Kabar24.com, JAKARTA -- Sebanyak 387 jemaah haji Indonesia tiba di Kota Makkah setelah melakukan perjalanan hampir enam jam.

Rombongan jemaah kloter pertama asal Medan (MES 01) ini  tiba di hotel Rabawi Mina (608)  dan hotel Royal Makkah (609) yang terletak di kawasan Syisyah Raudha, Minggu (06/08) dini hari.

Sebelumnya, para jemaah berhenti di Jumum (check point) untuk menjalani pemeriksaan dokumen yang dilakukan Muassasah  Asia Tenggara.

MES 01 berangkat dari Madinah dengan sembilan bus pada Sabtu sore pukul 17.00. Setibanya di Makkah, jemaah disambut Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Ahmad Dumyathi Bashori, Pensosbud KJRI Umar Badarsah, dan pihak Muasasah al Muthawif.

Kehadiran jemaah juga disambut  makanan selamat datang.

Makanan ini menjadi layanan tambahan yang diberikan kepada jemaah, di  luar 25 kali makan yang akan mereka dapatkan selama di Makkah. Selanjutnya, jemaah dipersilakan untuk beristirahat selama kurang lebih dua jam.

"Namun, bila jemaah haji ada yang ingin langsung umrah, pihaknya telah menyiapkan Bus Shalawat yang sudah siap mengantar ke Masjidil Haram untuk beribadah umrah," ujar Kadaker Makkah Nasrullah Jasam, dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, Minggu (6/8/2017).

Menurutnya, seluruh petugas haji Daker Makkah siap menerima kehadiran tamu-tamu Allah dan memberikan pelayanan kepada mereka.

Kedatangan MES 01 sekaligus menandai dimulainya program layanan kepada jemaah, baik pada aspek transportasi, katering, pemondokan, bahkan bimbingan ibadah.

Sejak hari ini, lanjut Nasrullah, Daker Makkah akan terus kedatangan jemaah haji dari Madinah. Berdasarkan jadwal yang telah dibuat, setidaknya ada 13 kloter yang akan tiba ke Makkah sepanjang hari Minggu ini.

Selain dari Madinah, Makkah juga nantinya akan menerima kedatangan jemaah dari Jeddah. Mereka adalah jemaah haji Indonesia yang diberangkatkan pada gelombang kedua, sejak 12 Agustus hingga 26 Agustus 2017.

"Secara bersamaan, jemaah Indonesia dari Madinah dan Jeddah akan masuk Kota Makkah pada 12 sampai 20 Agustus. Waktu ini menjadi masa puncak kedatangan jemaah haji di Makkah," ucap Nasrullah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jemaah haji jemaah haji makkah makkah
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top