MUDIK LEBARAN 2017: Ini Sejumlah Jalur Alternatif di Payakumbuh, Sumbar

Demi mengatasi kemacetan yang mungkin terjadi saat arus mudil lebaran 2017, pemkot Payakumbuh, Sumatra Barat menyiapkan sejumlah jalur alternatif.
Newswire | 20 Juni 2017 15:52 WIB
Ilustrasi: Kendaraan melaju di bawah jembatan layang Kelok Sembilan, Payakumbuh, Sumatra Barat - Antara

Kabar24.com, PAYAKUMBUH -Demi mengatasi kemacetan yang mungkin terjadi saat arus mudil lebaran 2017, pemkot Payakumbuh, Sumatra Barat menyiapkan sejumlah jalur alternatif.

Penyiapan jalur alternatif tersebut dilakukan bersama pihak kepolisian setempat.

"Rekayasa lalu lintas dengan memanfaatkan sejumlah jalur alternatif ini untuk mengatasi kemacetan saat arus mudik," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Payakumbuh Adrian saat dihubungi dari Payakumbuh, Selasa (20/6/2017).

Menurut Adrian, penguraian arus lalu lintas ke sejumlah titik itu tergantung kondisi kepadatan kendaraan. Kalau antrean kendaraan panjang, maka diarahkan ke beberapa jalur alternatif yang ada.

Jalur alternatif itu di antaranya untuk pengendara dari arah Bukittinggi ke Pekanbaru dapat melewati jalur lingkar selatan, yang dimulai dari Simpang Ngalau-Limbukan-Labuah Basilang-Payobasung-dan keluar di Payolinyam.

Namun jika terjadi kemacetan lalu lintas di perbatasan Payakumbuh dengan Akabiluru, pengendara dari Bukittinggi ke Pekanbaru dapat belok kanan di Simpang Batu Hampar.

Selanjutnya terus ke Tambun Ijuk-Situjuah-Limbukan-Labuah Basilang-Payobasung-dan keluar di Payolinyam.

Sementara bagi pengendara dari arah Pekanbaru menuju Bukittinggi dapat melalui jalan lingkar utara, yang dimulai dari Simpang Tanjuang Anau-Parik Muko Aia-keluar di Simpang By Pass Koto Nan Ampek.

Adrian menyebutkan, saat ini di kota itu tidak ada titik yang rawan bencana alam, hal tersebut dikarena geografis daerah minim perbukitan. Sementara yang ada hanya lokasi rawan kemacetan.

Adrian menambahkan beberapa titik rawan macet itu di antara Jalan Soedirman, Jalan Soekarno-Hatta, serta Jalan Ahmad Yani.

Sebelumnya Kasat Lantas Polres Payakumbuh Iptu Yudi Satria mengatakan selain jalur tersebut, pengendara juga dapat melewati Simpang Pancoran-Napa-dan keluar di Simpang Kaniang Bukik.

Ia mengimbau semua masyarakat setempat untuk mengurangi pemakaian kendaraan saat arus mudik. Tujuannya untuk mengutamakan para perantau yang pulang kampung serta mengurangi kemacetan lalu lintas.

"Kalau tidak terlalu penting berkendara, lebih baik menahan diri. Mari prioritaskan bagi perantau yang mudik saat lebaran," sebutnya.

Yudi menambahkan, masyarakat yang mudik diminta untuk menjaga kesehatan fisik dan kendaraan, sehingganya dapat meminimalisasi kecelakaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mudik lebaran

Sumber : Antara
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top