Mahasiswa FTP Universitas Brawijaya Berhasil Ciptakan Alat Sterilisasi Telur Ayam

Inovasi tak henti lahir dari dunia pendidikan. Kali ini, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) berhasil menciptakan alat sterilisasi telur ayam.
Choirul Anam | 19 Mei 2017 10:57 WIB
Mahasiswa UB dan alat sterilisasi telur ayam. - Istimewa

Kabar24.com, MALANG - Inovasi tak henti lahir dari dunia pendidikan. Kali ini, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) berhasil menciptakan alat sterilisasi telur ayam.

Dengan alat ini, telur yang akan dikonsumsi steril dari kemungkinan tercemar bakteri salmonella.

Faradyna Sumarsono salah satu dari lima mahasiswa FTP UB penemu alat tersebut mengatakan selama ini belum ada teknologi untuk menterilisasi telur ayam.

“Padahal telur ayam adalah produk yang rentan terhadap bakteri salmonella,” ungkapnya di Malang, Jumat (19/5/2017).

Telur segar yang dibiarkan pada suhu ruang dalam beberapa hari akan tercemar bakteri yang dapat membahayakan tubuh manusia. Bakteri berbahaya seperti salmonella dapat menyebabkan penyakit yang disebut dengan salmonellosis.

Ciri-ciri orang yang mengalami salmonellosis adalah diare, keram perut, dan demam dalam waktu 8-72 jam setelah memakan makanan yang terkontaminasi salmonella. Gejala lainnya adalah demam, sakit kepala, mual, dan muntah-muntah

Cara Kerja

Alat inovatif MONSTER (Modern Sterilization Machine) temuan para mahsasiswa UB ini dapat membunuh bakteri salmonella sampai 99 %.

MONSTER merupakan teknologi masa depan berbasis teknologi dielectric barrier discharge plasm, dengan memanfaatkan radiasi pembangkit tegangan tinggi yang dapat menghasilkan gas terionisasi di dalam ruang plasma.

Elektron yang saling bertumbukan masuk ke dalam pori-pori cangkang telur kemudian mendeteksi adanya mikroba berbahaya seperti salmonella dan merusak membran dari bakteri tersebut.

Keunggulan dari alat sterilisasi MONSTER yaitu hemat energi, murah, fleksibel, mengurangi salmonella dengan cepat dan mudah dioperasikan.

Spesifikasi dari alat sterilisasi MONSTER, yakni memiliki dimensi 40x40x20 cm 3,daya 660 VA atau 528 watt, frekuensi 786 kHZ

Alat ini dibuat dalam rangka Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta (PKM-KC).

Lima mahasiswa PKM-KC FTP-UB itu adalah Faradyna Sumarsono, Eka Tiyas Anggraeni, Hilda Putri Hayuningsih serta dua mahasiswa progam studi ilmu teknologi pangan yaitu Dewi Mashitoh dan Aldilah Daydeva. Mereka dibimbing oleh Endrika Widyastuti.

 

Tag : universitas brawijaya
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top