Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tiap Bulan, Sehari Gratis Ongkos Kirim Buku

Pemerintah mengusulkan adanya satu hari khusus setiap bulan untuk gratis ongkos pengiriman buku ke seluruh wilayah Indonesia.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 02 Mei 2017  |  15:37 WIB
Warga membaca buku koleksi taman baca masyarakat Gelaran Jambu di Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri, Jawa Timur, Jumat (24/3) malam. - Antara
Warga membaca buku koleksi taman baca masyarakat Gelaran Jambu di Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri, Jawa Timur, Jumat (24/3) malam. - Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Pemerintah mengusulkan adanya satu hari khusus setiap bulan untuk gratis ongkos pengiriman buku ke seluruh wilayah Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, masyarakat pelosok yang mengalami kekurangan minat baca bukan disebabkan ketidakmampuan membeli buku, tetapi rendahnya akses untuk mendapatkan buku.

Selain ongkos kirim yang mahal, seringkali medan sulit membuat jasa ekspedisi tidak sanggup untuk mengirimkan buku.

"Saya sudah telepon Menteri BUMN untuk disampaikan ke Pos [PT Pos Indonesia], agar disediakan satu hari saja untuk kirim buku secara gratis. Tadi sudah disetujui, [akan dilaksanakan] setiap bulan," kata Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (2/5/2017).

Dia menambahkan, usulan tersebut muncul dari para pegiat literasi, agar mereka lebih mudah memperoleh kiriman buku. Di sisi lain antarperpustakaan juga bisa saling mengirimkan koleksi bukunya.

Dengan demikian, para pegiat literasi tidak terkendala biaya lagi. Tanggal gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia akan disampaikan oleh Presiden kepada pegiat sesegera mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hardiknas
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top